PENERAPAN MODEL ROTATING TRIO EXCHANGE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA POKOK BAHASAN LINGKARAN PADA SISWA KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH MATARAM TAHUN PELAJARAN 2016/2017
Main Author: | Sabrun, Sabrun |
---|---|
Format: | Article info application/pdf Journal |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Lembaga Penelitian dan Pendidikan Mandala
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://ejournal.mandalanursa.org/index.php/JIME/article/view/268 http://ejournal.mandalanursa.org/index.php/JIME/article/view/268/259 |
Daftar Isi:
- Pembelajaran matematika di SMP Muhammadiyah Mataram guru masih menggunakan metode ceramah sehingga siswa terkesan kurang aktif dalam pembelajaran sehingga berdampak pada hasil belajar siswa yakni hasil belajar siswa masih sangat rendah. Berdasarkan permasalahan tersebut tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan model Rotating Trio Exchange yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah Mataram pada materi pokok bahasan lingkaran. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah Mataram yang terdiri dari 17 siswa. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus. Setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap observasi, dan tahap refleksi. Data dikumpulkan dengan menggunakan lembar observasi aktivitas guru, kegiatan siswa dan tes. Dari hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan baik hasil observasi maupun evaluasi, hal ini terlihat pada aktivitas guru yakni persentase kegiatan guru pada siklus I adalah 70,58%, pada siklus II mengalami peningkatan yaitu 81,57%. Untuk kegiatan siswa yakni persentase kegiatan siswa pada siklus I adalah 61,11%, pada siklus II mengalami peningkatan yaitu 81,24%. Pada hasil evaluasi siklus I diperoleh ketuntasan klasikal adalah 64,70%, mengalami peningkatan pada siklus II yakni ketuntasan klasikal mencapai 88,23%. Ketuntasan tersebut telah memenuhi indikator ketuntasan secara klasikal yakni 85%. Sehingga dapat disimpulkan dengan menerapkan model Rotating Trio Exchange dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah Mataram pada materi Lingkaran