Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Agama Hindu Kelas VI Di SD Negeri 2 Cakranegara Semester Satu Tahun Pelajaran 2017/2018 Dengan Menerapkan Model Reading Guide Berbasis PAIKEM

Main Author: Warti, Ni Made
Format: Article info application/pdf Journal
Bahasa: ind
Terbitan: Lembaga Penelitian dan Pendidikan Mandala , 2017
Subjects:
Online Access: http://ejournal.mandalanursa.org/index.php/JIME/article/view/254
http://ejournal.mandalanursa.org/index.php/JIME/article/view/254/245
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas penerapan pendekatan Model Reading Guide Berbasis PAIKEM dalam upaya meningkatkan aktifitas belajar Siswa Agama Hindu Kelas VI SD Negeri 2 Cakranegara. Manfaat penelitian ini adalah sebagai bahan kajian dan bahan temuan dalam pelaksanaan proses pembelajaran di kelas senyatanya. Bagi guru untuk meningkatkan kompetensi dalam proses pembelajaran dan bagi siswa untuk meningktakan motivasi belajar yang berdampak meningkatnya hasil belajar siswa. Penelitian ini dilaksanakan dua siklus, masing-masing siklus kegiatannya adalah; perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Hasil akhir tindakan pada siklus II menunjukkan bahwa hasil observasi guru memperoleh skor rata-rata (4,43) dan hasil observasi siswa mencapai skor rata-rata (4,24). Sedangkan hasil dari peningkatan aktifitas belajar siswa adalah meningkatnya perolehan hasil belajar siswa mencapai nilai rata-rata (92,30), artinya indikator keberhasilan (> 75,00) telah terlampaui. Karena indikator keberhasilan telah terbukti penelitian dinyatakan berhasil dan dihentikan pada siklus II