Mengefektifkan Pelaksanaan Supervisi Akademik Dalam Upaya Meningkatkan Kompetensi GuruKelas Di SD Negeri 19 Mataram Semester Satu Tahun Pelajaran 2016/2017 Dalam Proses Pembelajaran Di Kelas Senyatanya

Main Author: Ramdaniah, HJ. Siti
Format: Article info application/pdf Journal
Bahasa: ind
Terbitan: Lembaga Penelitian dan Pendidikan Mandala , 2017
Online Access: http://ejournal.mandalanursa.org/index.php/JIME/article/view/23
http://ejournal.mandalanursa.org/index.php/JIME/article/view/23/21
Daftar Isi:
  • rendahnya kompetensi pedagogik Guru Kelas dalam proses pembelajaran di kelas.Solusinya yaitu dengan mengefektifkan pelaksanaan supervisi akademik. Permasalahannya apakah pelaksanaan supervisi akademik dapat meningkatkan kompetensi pedagogik guru dalam proses pembelajaran di kelas semester satu tahun 2016/2017 di SD Negeri 19 Mataram. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektifitas pelaksanaan supervisi akademik dalam upaya meningkatkan kompetensi pedagogik Guru Kelas dalam pembelajaran di kelas, yang manfaatnya bagi kepala sekolah adalah untuk mengetahui peningkatan kompetensi guru dalam proses pembelajaran.Penelitian ini dilaksanakan selama dua siklus, masing-masing siklus kegiatannya ada empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini adalah; 1) hasil observasi kepala Sekolah maupun observasi guru selama proses pendampingan telah memperoleh skor rata-rata > 4,0, 2) hasil akhir > 85% dari jumlah peserta pendampingan memperoleh nilai rata-rata > 70,00 (kategori baik). Hasil penelitian pada siklus I observasi KepalaSekolah rata-rata (3,50), observasi guru rata-rata (3,17) dan hasil supervisi akademik guru kelas rata-rata nilai (64,45). Pada siklus II observasi kepalaSekolah rata-rata (4,60) dengan prosentase ketercapaian (100%), observasi guru rata-rata (4,50) dengan prosentase ketercapaian (83,33%) dan hasil supervisi akademik di sasaran rata-rata nilai (82,33) dengan prosentase ketercapaian (100%). Indikator keberhasilan telah tercapai, penelitian di nyatakan berhasil dan dihentikan pada siklus II.Kesimpulan; Hasil penelitian pada siklus ke 2 menunjukkan peningkatan kompetensi Guru dalam proses pembelajaran di kelas senyatanya. Disarankan agar Kepala Sekolah lainnya melakukan penelitian sejenis dalam upaya peningkatan kompetensi guru, dan kepada guru kelas sejenis agar melakukan proses pembelajaran sesuai dengan skenario yang telah direncanakan dengan baik, tanggung jawab, bersunggung-sungguh demi peningkatan prestasi belajar peserta didik sesuai dengan bidang studi/mata pelajaran yang menjadi tanggung jawabnya.