Meningkatkatkan Prestasi Belajar Matematika Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) Di Kelas VII SMPN 4 Mataram Semester Genap Tahun Pelajaran 2009/2010

Main Author: S.Pd, Sulasmi,
Format: Article info application/pdf Journal
Bahasa: ind
Terbitan: Lembaga Penelitian dan Pendidikan Mandala , 2017
Online Access: http://ejournal.mandalanursa.org/index.php/JIME/article/view/16
http://ejournal.mandalanursa.org/index.php/JIME/article/view/16/14
Daftar Isi:
  • Prestasi belajar Matematika yang belum memuaskan merupakan keprihatinan guru yang harus di tingkatkan. Melalui penelitian ini guru ingin mengetahui prestasi balajar Matematika melalui model pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT). Dalam teori pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together dinyatakan bahwa model pembelajaran ini dirancang untuk mempengaruhi pola-pola interaksi siswa dalam mencapai tujuan meningkatkan penguasaan isi akademik, sehingga model pembelajaran ini diyakini dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Penelitian ini dilaksanakan di kelas VII.2 pada hari Rabu,3 Maret 2010 jam ke 3,4 siklus I dan siklus II hari Rabu,17 Maret 2010 jam ke 3,4. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan test dan lembar observasi, selanjutnya data di analisis dengan deskriptif kuantitatif. Berdasarkan analisis data diskriptif kualitatif terjadi peningkatan prestasi belajar siklus I rata-rata 65,8 dengan jumlah siswa tuntas 22 orang dan yang tidak tuntas 11 orang, menjadi pada siklus II rata-rata 70,9 dengan jumlah siswa yang tuntas 29 orang dan yang tidak tuntas 4 orang. Untuk pelaksanaan NHT guru mampu melaksanakan tahapan pembelajaran dengan baik. Dengan demikian maka model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) dapat meningkatkan prestasi belajar matematika siswa. Hasil penelitian ini diharapkan bermanfaat bagi guru sebagai tenaga professional sedangkan bagi sekolah peningkatan mutu dan layanan pembelajaran.