Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pokok Bahasan Bangun Datar Melalui Pendekatan RME ( Realistic Mathematics Education) Model Ekspositori Pada Siswa Kelas V SDN 2 Darmaji Kec. Kopang Tahun Pelajaran 2016/ 2017

Main Author: Majid, Abdul
Format: Article info application/pdf Journal
Bahasa: ind
Terbitan: Lembaga Penelitian dan Pendidikan Mandala , 2017
Subjects:
Online Access: http://ejournal.mandalanursa.org/index.php/JIME/article/view/157
http://ejournal.mandalanursa.org/index.php/JIME/article/view/157/148
Daftar Isi:
  • Matematika hingga saat ini bagi sebagian besar siswa beranggapan sebagai mata pelajaran yang menjemukan dan membosankan. Kesenjangan pegetauan matematika dengan kebutuhan siswa ,khususnya siswa sekolah dasar masih dalam tahap bermain mempertajam anggapan bahwa matematika dianggap tidak ada hubungannya dengan dunia nyata,masih merupakan hal yang abstarak. Hal ini dipertanjam lagi dengan pendapat Soedjadi ( 1999) menyatakan bahwa keabstrakan matematika karena objek dasarnya abstrak, yaitu fakta, konsep, operasi dan prinsip. Berdasrakan hal tersebut diatas maka perlu dijembatani dengan model pembelajaran matematika yang menarik, mudah dipahami siswa, menggugah semangat, menantang terlibat, dan pada akhirnya menjadikan siswa berminat, senang, dan akhirnya cerdas matematiak. Maka penggunan pendekatan RME ( Realistic Mathematics Education) merupakan upaya untuk meningkatkan hasil pembelajaran. Dari hasil analisis diperoleh bahwa hasil belajar siswa meningkat dari siklus , sampai siklus 2 yaitu, siklus 1 ( 46,00) dan Siklus 2 (75,62), dengan demikian Pendekatan RME ( Realistic Mathematics Education) dapat meningkatkan hasil belajar siswa SDN 2 Darmaji , serta model pembelajaran ini dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif pembelajaran Matematika