Upaya Meningkatkan Aktifits dan Hasil Belajar Peserta Didik kelas V SD Negeri 2 Cakranegara Semester Satu Tahun Pelajaran 2017/2018 Melalui Penerapan Pendekatan Cooperative Learning (CL) Tipe Jigsaw

Main Author: Artini, Ni Wayan Sriasih
Format: Article info application/pdf Journal
Bahasa: ind
Terbitan: Lembaga Penelitian dan Pendidikan Mandala , 2017
Subjects:
Online Access: http://ejournal.mandalanursa.org/index.php/JIME/article/view/154
http://ejournal.mandalanursa.org/index.php/JIME/article/view/154/145
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas penerapan pendekatan cooperative learning (CL) tipe Jigsaw dalam upaya meningkatkan aktifitas dan hasil belajar Bahasa Indonesia, IPS, dan PKn Peserta didik kelas V SD Negeri 2 Cakranegara. Manfaat penelitian ini adalah sebagai bahan kajian dan bahan temuan dalam pelaksanaan proses pembelajaran di kelas senyatanya. Bagi guru untuk meningkatkan kompetensi dalam proses pembelajaran dan bagi peserta didik untuk meningktakan aktifitas dan hasil belajar peserta didik. Penelitian ini dilaksanakan dua siklus, masing-masing siklus kegiatannya adalah; perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Hasil akhir tindakan pada siklus II menunjukkan bahwa hasil observasi guru memperoleh skor rata-rata (4,69) dan hasil observasi peserta didik mencapai skor rata-rata (4,34). Sedangkan hasil belajar peserta didik adalah mencapai nilai rata-rata (90,93), artinya indikator keberhasilan (> 75,00) telah terlampaui. Karena indikator keberhasilan telah terbukti penelitian dinyatakan berhasil dan dihentikan pada siklus II