Upaya Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Pada Tema 8 (Lingkungan Sahabat Kita) Peserta Didik Kelas V Semester Dua Tahun Pelajaran 2018/2019 dengan menerapkan model “Listening Teams (Tim Pendengar) di SD Negeri 7 Cakranegara

Main Author: Pujimulyati, Ni Nyoman
Format: Article info application/pdf Journal
Bahasa: eng
Terbitan: Lembaga Penelitian dan Pendidikan Mandala , 2020
Subjects:
Online Access: http://ejournal.mandalanursa.org/index.php/JIME/article/view/1100
http://ejournal.mandalanursa.org/index.php/JIME/article/view/1100/1055
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas penerapan pendekatan Saintifik model Listening Teams dalam upaya meningkatkan motivasi dan hasil belajar Peserta didik Kelas V SD Negeri 7 Cakranegara. Manfaat penelitian ini adalah mendorong peserta didik untuk mengembangkan ketrampilan belajar dalam kelompok (kognitif) dan bersosiolisasi dengan teman sebagai dalam proses pembelajaran di kelas senyatanya. Dan bagi guru meningkatkan pengembangan pendekatan dan model pembelajaran dengan penerapan saintifik Model Listening Teams dalam pembelajaran kerja kelompok (kooperatif). Penelitian ini dilaksanakan dua siklus, masing-masing siklus kegiatannya adalah; perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Hasil akhir tindakan pada siklus II pertemuan II menunjukkan bahwa hasil observasi guru memperoleh skor rata-rata (4,64) dan hasil observasi Peserta didik mencapai skor rata-rata (4,52). Sedangkan hasil belajar Peserta didik mencapai nilai rata-rata (81,08), artinya indicator keberhasilan (> 4,0) dan hasil belajar (> 75,00) telah terlampaui. Karena indikator keberhasilan telah terbukti penelitian dinyatakan berhasil dan dihentikan pada siklus II.