PENINGKATAN HASIL BELAJAR SEJARAH TENTANG KERAJAAN-KERAJAAN ISLAM DI INDONESIA DENGAN TEKNIK MIND MAPPING KELAS X MESIN D SMK NEGERI 1 MAGELANG TAHUN PELAJARAN 2017/2018 SEMESTER 1

Main Author: Kusrini, Eny
Format: Article info application/pdf Journal
Bahasa: eng
Terbitan: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan , 2019
Subjects:
Online Access: http://jurnal.untidar.ac.id/index.php/edulearning/article/view/1281
http://jurnal.untidar.ac.id/index.php/edulearning/article/view/1281/924
http://jurnal.untidar.ac.id/index.php/edulearning/article/downloadSuppFile/1281/99
Daftar Isi:
  • Tujuan Penelitian ini untuk dapat meningkatkan hasil belajar kerjaan-kerajaan Islam di Indonesia dengan menggunakan teknik Mind Mapping. Penelitian ini dilaksanakan pada semester 1 tahun pelajaran 2017/2018 selama 3 bulan mulai dari bulan Agustus sampai dengan Oktober. Tempat penelitian di SMK Negeri I Magelang dengan alamat di Jl. Cawang No 2 (0293)362172Fax (0293) 368821 Magelang. Sebagai subyek penelitian ini adalah kelas X Mesin D SMK Negeri 1 Magelang Tahun Pelajaran 2017/2018 semester 1. Sumber data meliputi data kuantitatif berupa hasil tes kerajaan-kerajaan Islam di Indonesia dan data kualitatif berupa hasil observasi, dan dokumentasi pembelajaran. Teknik pengumpulan data yaitu teknik kuantitatif berupa tes dan teknik kualitatif berupa nontes. Teknik analisis yang digunakan: data kuantitatif menggunakan analisis deskriptif; data kualitatif dianalisis menggunakan metode triangulasi. Prosedur penelitian terdiri atas dua siklus. Masing-masing siklus menggunakan empat tahapan tindakan: perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, daan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) teknik Mind Mapping dapat meningkatkan rerata hasil belajar kerajaan-kerajaan Islam di Indonesia dari kategori kurang (44,38) menjadi kategori baik (80,16). Simpulan penelitian adalah penerapan teknik Mind Mapping dalam pembelajaran kerajaan-kerajaan Islam di Indonesia dapat meningkatkan hasil belajar sejarah. Peneliti memberikan saran pada guru sebaiknya dalam mengajar menggunakan model pembelajaran yang bervariasi.