PENGARUH PEMBELAJARAN OPEN ENDED TERHADAP KREATIVITAS MATEMATIKA SISWA PADA KELAS VIII UNGGULAN MTsN 1 MAKASSAR
Main Author: | Mutmainah, Mutmainah |
---|---|
Format: | Article info application/pdf Journal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Lembaga Penelitian dan Pendidikan Mandala
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://ejournal.mandalanursa.org/index.php/JUPE/article/view/847 http://ejournal.mandalanursa.org/index.php/JUPE/article/view/847/802 |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk : 1) Mendeskripsikan kreativitas matematika siswa pada kelas VIII unggulan MTsN 1 Makassar sebelum dan setelah mengikuti pembelajaran Open Ended, 2) mengetahui pengaruh kreativitas matematika siswa diajar dengan pembelajaran Open Ended. Metode penelitian menggunakan Pre-Experiment dengan desain One Group Pretest-Postest. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII unggulan MTsN 1 Makassar tahun ajaran 2016/2017 yang berjumlah 39 siswa dengan teknik pengambilan sampel adalah teknik total sampling. Instrumen yang digunakan adalah tes kreativitas matematika. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) kreativitas matematika siswa sebelum diajar dengan pembelajaran Open Ended berada pada kategori rendah, dan setelah diajar dengan pembelajaran -Open Ended berada pada kategori tinggi. (2) pembelajaran Open Ended berpengaruh pada kreativitas matematika siswa kelas VIII unggulan MTsN 1 Makassar baik pada rata-rata posttest kreativitas matematika maupun rata-rata peningkatan kreativitas matematika.