Peningkatan Prestasi Belajar Matematik Dengan Pendekatan Guided Discovery Materi Satuan Debit Pada Siswa Kelas V1 SDN Kwangpati Kecamatan Kopang Kabupaten Lombok Tengah Tahun Pelajaran 2017/2018

Main Author: Zohrah, Hj
Format: Article info application/pdf Journal
Bahasa: eng
Terbitan: Lembaga Penelitian dan Pendidikan Mandala , 2019
Subjects:
Online Access: http://ejournal.mandalanursa.org/index.php/JUPE/article/view/681
http://ejournal.mandalanursa.org/index.php/JUPE/article/view/681/667
Daftar Isi:
  • Penerapan Metode Guide Discovery untuk meningkatkan hasil belajar Matematika Materi Debit pada siswa kelas VI SDN Kwangpati Kecamatan Kopang Kabupaten Lombok Tengah Tahun Pelajaran 2017 /2018. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Debit dengan Pendekatan Ingquiry pada Siswa Kelas VI SDN Kwangpati Kecamatan Kopang Kabupaten Lombok Tengah Tahun Pelajaran 2017 /2018?. Penelitian tindakan kelas dilaksanakan melalui dua siklus, yaitu siklus I, dan siklus II, tiap siklusnya ada empat tahapan yaitu: 1) Planning, 2) Acting, 3) Observing, dan 4) Reflecting. Jika dibandingkan kedua hasil belajar siswa tersebut maka perolehan nilai rata – rata pada siklus I sebesar 69,96 dan meningkat pada siklus II menjadi 82,42 terjadi peningkatan sebesar 12,46 poin , jumlah siswa yang tuntas belajar pada siklus I sebanyak 18 orang atau dengan persentase 69 % kemudian pada siklus II jumlah siswa yang tuntas belajar sebanyak 24 orang atau persentase sebesar 92,30 % meningkat sebesar 23 poin, kemudian siswa yang belum tuntas pada siklus I sebanyak 8 orang atau dengan perentase sebesar 31 % belum tuntas pada siklus II sebanyak 2 orang atau sebesar 8 % terjadi penurunan sebesar 23 poin. Maka dengan demikian dapat ditarik kesimpulan bahwa dengan menggunakan metode Guide Discovery dapat meningkatkan hasil belajar siswa materi debit pada siswa kelas VI SDN Kwangpati tahun pelajaran 2017 / 2018