MENINGKATKAN KEMAMPUAN GURU BINAAN DALAM MENERAPKAN MODEL PEMBELAJARAN AKTIF MELALUI PENDAMPINGAN BERBASIS INQUIRY DAN SIMULASI

Main Author: Sa'adah, Sa'adah
Format: Article info application/pdf Journal
Bahasa: eng
Terbitan: Lembaga Penelitian dan Pendidikan Mandala , 2018
Subjects:
Online Access: http://ejournal.mandalanursa.org/index.php/JUPE/article/view/676
http://ejournal.mandalanursa.org/index.php/JUPE/article/view/676/662
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkatkemampuan guru binaan dalam menemukan dan menerapkan model-model pembelajaran aktif melalui pendampingan berbasis Inquiry dan Simulasi. Data hasil penelitian diambil mengunakan lembar observasi, dokumentasi dan catatan lapangan. Hasil analisis data menunjukkan bahwa rata-rata guru binaanmampu menemukan minimal empat model pembelajaran aktifdan mampu mensimulasiknnya dengan baik. Kemampuan mereka dalam merencanakan pembelajaran rata-rata dengan model yang ditemukan berada dalam kategori Baik (83.48). Namun kemampuan merekadalam menerapkan model-model pembelajran aktif di sekolah cukup bervariasi, satu orang guru dengan kategori Sangat Baik, dua orang guru dengan kategori Baik dan tiga orang guru melaksanakan pembelajaran dengan kategori Cukup, dengan nilai rata-rata mencapai 76.99 (Baik).Artinya, rata-ratakemampuan guru dalam merencanakan dan menerapkan model-model pembelajaran aktif berada dalam kategori Baik (80.24). Dengan demikian, pendampingan berbasis inquiry dan simulasi BERMANFAAT untuk meningkatkan kemampuan gurubinaandalam menerapkan model-model pembelajaran aktif