PENDIDIKAN ISLAM HUMANISTIK DALAM NOVEL SANG PENCERAH TINJAUAN SOSIOLOGI SASTRA DAN RELEVANSINYA DENGAN KURIKULUM 2013
Main Authors: | Sukrin, Sukrin, Ferdiansyah, Ferdiansyah |
---|---|
Format: | Article info application/pdf Journal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Lembaga Penelitian dan Pendidikan Mandala
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://ejournal.mandalanursa.org/index.php/JUPE/article/view/661 http://ejournal.mandalanursa.org/index.php/JUPE/article/view/661/644 |
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan latar sosial budaya pengarang Akmal Nasery Basral, (2) mendeskripsikan struktur dalam novel Sang Pencerah karya Akmal Nasery Basral, (3) Pendidikan Islam humanistik dalam novel Sang Pencerah karya Akmal Nasery Basral, (4) mendeskripsikan relevansi pendidikan Islam humanistik dalam novel Sang Pencerah karya Akmal Nasery Basral dengan kurikulum 2013. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik pustaka, teknik simak dan teknik catat. Teknik analisis data menggunakan metode dialektik, dengan model semiotik dan pembacaan heuristik dan hermeneutik. Hasil penelitian ini adalah pendidikan Islam humanistik menghasilkan (1) pendidikan dan humanum, (b) pendidikan dan humanitas, (3) pendidikan dan humaniora, dan misi profetik (1) Amar ma'ruf (humanisasi), (2) Nahi munkar (liberasi) (3) Tu'minuna billah (transendensi). Relevansi pendidikan Islam humanistik dengan kurikulum 2013 dapat dilihat dari standar kompetensi yang telah ditetapkan pemerintah dalam kurikulum 2013 berupa sikap (attitude) sama dengan pendidikan dan humanitas, keterampilan (skill) sama dengan pendidikan dan humaniora, dan pengetahuan (knowledge) sama dengan pendidikan humanum.