Mengefektifkan Pelaksanaan Pendampingan Berbasis KKG Upaya Peningkatan Kompetensi Guru Kelas Dalam Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Semester Satu Tahun Pelajaran 2017/2018 Di SD Negeri 52 Cakranegara

Main Author: Husein, M.
Format: Article info application/pdf Journal
Bahasa: eng
Terbitan: Lembaga Penelitian dan Pendidikan Mandala , 2018
Online Access: http://ejournal.mandalanursa.org/index.php/JUPE/article/view/540
http://ejournal.mandalanursa.org/index.php/JUPE/article/view/540/523
Daftar Isi:
  • Latar belakang diadakannya Penelitian ini adalah rendahnya kompetensi guru sasaran Di SD Negeri 52 Cakranegara dalam penyusunan Rencana Pelakssanaan Pembelajaran (RPP) yang baik dan benar yang berdampak kurang percaya diri dalam proses pembelajaran. Solusinya diadakan pendampingan baik secara kelompok maupun individu dalam penyusunan RPP yang baik dan benar. Tujuannya adalah untuk mengetahui efektifitas pelaksanaan pendampingan berbasis KKG dalam upaya meningkatkan kompetensi guru dalam menyusun RPP yang baik dan benar, yang bermanfaat untuk meningkatkan profesionalisme sebagai kepala sekolah dan bagi guru untuk meningkatkan proses pembelajaran di kelas. Hipotesis tindakan: meningkatkan kompetensi guru guru sasaran SD Negeri 52 Cakranegara semester satu tahun pelajaran 2016/2017 dalam menyusun RPP yang baik dan benar. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak dua siklus, masing-masing siklus dua kali pertemuan. Tahapan setiap siklus adalah perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini adalah; 1) hasil observasi Kepala Sekolah maupun observasi guru selama proses pendampingan telah memperoleh skor rata-rata > 4,0, 2) hasil kerja guru dalam penyusunan RPP mencapai > 100% dengan nilai rata-rata > 70,00. Hasil penelitian pada siklus I observasi Kepala Sekolah rata-rata (3,60), observasi guru rata-rata (3,30) dan hasil kerja individual rata-rata nilai (65,53) dengan prosentase ketercapaian (10%). Pada siklus II observasi Kepala Sekolah rata-rata (4,40), observasi guru rata-rata (4,43) dan hasil kerja individual rata-rata nilai (85,23) dengan prosentase ketercapaian (100%). Indikator keberhasilan telah tercapai, penelitian di nyatakan berhasil dan dihentikan pada siklus II. Kesimpulan; pelaksanaan pendampingan dapat meningkatkan kompetensi guru sasaran SD Negeri 52 Cakranegara dalam penyusunan RPP yang baik dan benar. Disarankan agar Kepala Sekolah lainnya melakukan penelitian sejenis dalam upaya peningkatan kompetensi guru, dan kepada guru mata pelajaran agar mampu menyusun RPP dengan baik dan benar.