PENINGKATAN KEMANDIRIAN MELALUI PELATIHAN ASERTIF PADA SISWA KELAS VIII SMPN 6 WERA SATU ATAP TAHUN PELAJARAN 2018/2019

Main Author: Syafruddin, Syafruddin
Format: Article info application/pdf Journal
Bahasa: eng
Terbitan: Lembaga Penelitian dan Pendidikan Mandala , 2018
Online Access: http://ejournal.mandalanursa.org/index.php/JUPE/article/view/538
http://ejournal.mandalanursa.org/index.php/JUPE/article/view/538/521
ctrlnum article-538
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><title lang="en-US">PENINGKATAN KEMANDIRIAN MELALUI PELATIHAN ASERTIF PADA SISWA KELAS VIII SMPN 6 WERA SATU ATAP TAHUN PELAJARAN 2018/2019</title><creator>Syafruddin, Syafruddin</creator><description lang="en-US">Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan Kemandirian&#xA0; siswa melalui metode pelatihan asertif pada siswa SMPN 6 Wera Satu Atap&#xA0; tahun pelajaran 2018/2019. Jenis penelitiannya adalah penelitian tindakan kelas dengan subyek penelitian kelas VIII SMPN 6 Wera Satu Atap&#xA0; yang berjumlah 36 siswa. Subyek penelitian ditentukan dengan teknik populasi. Penelitian dilakukan secara kolaborasi antara peneliti dan guru bimbingan konseling. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah skala dan observasi. Instrumen yang digunakan adalah skala Kemandirian&#xA0; dan pedoman observasi. Reliabilitas skala berpikir kreatif sebesar 0,741 artinya memiliki reliabilitas yang cukup tinggi. Metode pelatihan asertif dilakukan dalam satu siklus yang terbagi dalam empat pertemuan. Analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa : (1) Kondisi awal Kemandirian&#xA0; siswa kelas VIII SMPN 6 Wera Satu Atap&#xA0; secara individu tergolong rendah. Kondisi ini dibuktikan dari hasil pre-test dengan skor rata-rata Kemandirian&#xA0; siswa 95,69 dan dikategorisasikan dalam Kemandirian&#xA0; sedang. (2) Dalam penelitian ini diterapkan metode pelatihan asertif dalam satu siklus yang meliputi empat kegiatan melalui ceramah, studi kasus, diskusi kelompok, role playing, modeling, dan pengisian lembar kerja yang menyebabkan tingkat Kemandirian&#xA0; siswa kelas VIII SMPN 6 Wera Satu Atap&#xA0; meningkat. Peningkatan Kemandirian&#xA0; siswa dibuktikan dari hasil post-test skor Kemandirian&#xA0; rata-rata sebesar 106,33 dan dikategorisasikan dalam Kemandirian&#xA0; tinggi. Peningkatan skor Kemandirian&#xA0; siswa dari pre-test ke post-test yaitu sebesar 10,64. (3) Observasi pada saat pemberian tindakan untuk peningkatan Kemandirian&#xA0; menunjukkan antusiasme tinggi dalam metode pelatihan asertif dari kegiatan I, II, III, dan IV.</description><publisher lang="en-US">Lembaga Penelitian dan Pendidikan Mandala</publisher><contributor lang="en-US"/><date>2018-12-03</date><type>Journal:Article</type><type>Other:info:eu-repo/semantics/publishedVersion</type><type>Journal:Article</type><type>File:application/pdf</type><identifier>http://ejournal.mandalanursa.org/index.php/JUPE/article/view/538</identifier><source lang="en-US">JUPE : Jurnal Pendidikan Mandala; Vol 3, No 3 (2018): JUPE : Jurnal Pendidikan Mandala; 253-266</source><source lang="id-ID">JUPE : Jurnal Pendidikan Mandala; Vol 3, No 3 (2018): JUPE : Jurnal Pendidikan Mandala; 253-266</source><source>2548-5555</source><language>eng</language><relation>http://ejournal.mandalanursa.org/index.php/JUPE/article/view/538/521</relation><rights lang="en-US">Copyright (c) 2019 JUPE : Jurnal Pendidikan Mandala</rights><recordID>article-538</recordID></dc>
language eng
format Journal:Article
Journal
Other:info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Other
File:application/pdf
File
Journal:Journal
author Syafruddin, Syafruddin
title PENINGKATAN KEMANDIRIAN MELALUI PELATIHAN ASERTIF PADA SISWA KELAS VIII SMPN 6 WERA SATU ATAP TAHUN PELAJARAN 2018/2019
publisher Lembaga Penelitian dan Pendidikan Mandala
publishDate 2018
url http://ejournal.mandalanursa.org/index.php/JUPE/article/view/538
http://ejournal.mandalanursa.org/index.php/JUPE/article/view/538/521
contents Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan Kemandirian siswa melalui metode pelatihan asertif pada siswa SMPN 6 Wera Satu Atap tahun pelajaran 2018/2019. Jenis penelitiannya adalah penelitian tindakan kelas dengan subyek penelitian kelas VIII SMPN 6 Wera Satu Atap yang berjumlah 36 siswa. Subyek penelitian ditentukan dengan teknik populasi. Penelitian dilakukan secara kolaborasi antara peneliti dan guru bimbingan konseling. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah skala dan observasi. Instrumen yang digunakan adalah skala Kemandirian dan pedoman observasi. Reliabilitas skala berpikir kreatif sebesar 0,741 artinya memiliki reliabilitas yang cukup tinggi. Metode pelatihan asertif dilakukan dalam satu siklus yang terbagi dalam empat pertemuan. Analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa : (1) Kondisi awal Kemandirian siswa kelas VIII SMPN 6 Wera Satu Atap secara individu tergolong rendah. Kondisi ini dibuktikan dari hasil pre-test dengan skor rata-rata Kemandirian siswa 95,69 dan dikategorisasikan dalam Kemandirian sedang. (2) Dalam penelitian ini diterapkan metode pelatihan asertif dalam satu siklus yang meliputi empat kegiatan melalui ceramah, studi kasus, diskusi kelompok, role playing, modeling, dan pengisian lembar kerja yang menyebabkan tingkat Kemandirian siswa kelas VIII SMPN 6 Wera Satu Atap meningkat. Peningkatan Kemandirian siswa dibuktikan dari hasil post-test skor Kemandirian rata-rata sebesar 106,33 dan dikategorisasikan dalam Kemandirian tinggi. Peningkatan skor Kemandirian siswa dari pre-test ke post-test yaitu sebesar 10,64. (3) Observasi pada saat pemberian tindakan untuk peningkatan Kemandirian menunjukkan antusiasme tinggi dalam metode pelatihan asertif dari kegiatan I, II, III, dan IV.
id IOS5340.article-538
institution lembaga penelitian dan pendidikan (lpp) mandala
affiliation onesearch.perpusnas.go.id
institution_id 1101
institution_type library:special
library
library Perpustakaan Mandala
library_id 1476
collection JUPE : Jurnal Pendidikan Mandala
repository_id 5340
subject_area Philosophy and Theory of Social Science/Filsafat dan Teori Ilmu-ilmu Sosial
Education
Law and Bases of Morality/Hukum dan Moral Dasar
city KOTA MATARAM
province NUSA TENGGARA BARAT
repoId IOS5340
first_indexed 2019-05-08T12:56:36Z
last_indexed 2019-08-01T18:06:01Z
recordtype dc
_version_ 1686339723438587904
score 17.538404