PROFIL PROSES PENALARAN VISUOSPASIAL SISWA SMP DALAM MENYELESAIKAN MASALAH GEOMETRI TIGA DIMENSI DITINJAU DARI TINGKAT KEMAMPUAN MATEMATIKA DAN GAYA KOGNITIF

Main Authors: Kho, Ronaldo, N. Tyas, Dewi Kristika
Format: Article info application/pdf Journal
Bahasa: eng
Terbitan: Lembaga Penelitian dan Pendidikan Mandala , 2018
Online Access: http://ejournal.mandalanursa.org/index.php/JUPE/article/view/525
http://ejournal.mandalanursa.org/index.php/JUPE/article/view/525/508
Daftar Isi:
  • Penalaran visuospasial sangat diperlukan dalam menyelesaikan masalah-masalah dalam kehidupan sehari-hari. Dalam menyelesaikan masalah matematika sekolah terutama masalah geometri khususnya geometri tiga dimensi, kemampuan penalaran visuospasial sangat diperlukan.Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsi profil penelaran visuospasial siswa SMP dalam menyelesaikan masalah geometri tiga dimensi ditinjau dari tingakt kemampuan matematika dan gaya kognitif. Dengan demikian jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Kegiatan penelitian ini dilaksanakan di kelas VII SMP YPPK ST Paulus Abepura. Pengambilan data dilakukan dengan metode wawancara berbasis tugas terhadap 6 siswa sebagai subjek penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Proses penalaran visuospasial yang terjadi dalam menyelesaikan masalah matematika berbeda antara subjek satu dengan subjek yang lain. (2) Terdapat kesulitan yang dialami subjek penelitian pada saat mensintesis ide untuk membentuk bangun ruang berdasarkan tiga skema pandangan. (3) Pada tahap simpulan, hanya ada satu subjek yang berhasil menentukan bentuk akhir bangun ruang. Sedangkan lima subjek yang lain gagal dalam menentukaan bentuk akhir bangun ruang yang diminta.