Pengaruh Pembelajaran Kimia Menggunakan Metode Student Teams Achievement Divisions (Stad) Dan Team Assisted Individualization (Tai) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Ikatan Kimia Kelas X Semester Ganjil SMAN 1 Sikur Tahun Pelajaran 2018/2019

Main Author: Prayunisa, Fena
Format: Article info application/pdf Journal
Bahasa: eng
Terbitan: Lembaga Penelitian dan Pendidikan Mandala , 2018
Subjects:
TAI
Online Access: http://ejournal.mandalanursa.org/index.php/JUPE/article/view/1302
http://ejournal.mandalanursa.org/index.php/JUPE/article/view/1302/1188
Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan pengaruh penerapan model pembelajaran Student Teams Achievement Divisions (STAD) dan Team Assisted Individualization (TAI) terhadap keaktifan dan hasil belajar siswa kelas X di SMAN 1 SIKUR pada materi ikatan kimia. Penelitian ini termasuk jenis penelitian eksperimen semu (Quasi Eksperiment). Instrumen penelitian berupa lembar observasi untuk mengetahui keaktifan siswa dan soal-soal tes yaitu prates dan pascates untuk memperoleh data hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Sampel penelitian yaitu siswa kelas X IPA 1 dan X IPA 2 SMA Negeri 1 Sikur. Pengumpulan data menggunakan metode tes dan angket. Analisis data menggunakan Analisis Variansi dua jalan dengan sel sama. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan metode STAD dan TAI terhadap keaktifan dan hasil belajar siswa.