Perancangan Model Bisnis Kopi Tapanuli Utara Menggunakan Model Bisnis Kanvas pada Startup Trafeeka Coffee

Main Authors: Yehezkiel, Reynaldi Hasian, Purnomo, Dwi, Kastaman, H Roni
Format: Article info application/pdf Journal
Bahasa: eng
Terbitan: Department of Agricultural Social Economics, Faculty of Agriculture, Brawijaya University , 2021
Subjects:
Online Access: https://jepa.ub.ac.id/index.php/jepa/article/view/691
https://jepa.ub.ac.id/index.php/jepa/article/view/691/362
Daftar Isi:
  • Kopi Tapanuli Utara memiliki potensi yang besar untuk dikembangkan berdasarkan kapasitas produksi serta kualitas yang dimiliki. Kurangnya publikasi serta pemasaran yang dilakukan terhadap kopi Tapanuli Utara menjadi masalah utama yang dihadapi. Perancangan model bisnis yang dilakukan pada Trafeeka Coffee dilakukan untuk meningkatkan penjualan kopi Tapanuli Utara, meningkatkan publikasinya kepada masyarakat serta melakukan inovasi dan pemasaran terhadap konsumen kopi Trafeeka. Riset ini menggunakan metode penelitian tindakan dengan pendekatan Model Bisnis Kanvas dan tools dari buku Design a Better Business sebagai rujukan yang dievaluasi sebanyak tiga kali. Hasil riset ini menunjukan bahwa rancangan model bisnis yang dihasilkan mampu meningkatkan penjualan kopi Tapanuli Utara pada Trafeeka Coffee, menghadirkan berbagai inovasi produk, meningkatkan kapasitas tenaga kerja, membangun relasi dengan berbagai petani dan rekan kerja lainya serta meningkatkan publikasi dan pemasaran kopi Tapanuli Utara melalui media sosial.