Analisa Perilaku Konsumen Kopi di Kabupaten Bondowoso dan Implikasinya terhadap Strategi Pemasaran Kopi Java Ijen Raung Kabupaten Bondowoso
Main Author: | tapaningsih, weni indah doktri agus |
---|---|
Format: | Article info application/pdf Journal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Department of Agricultural Social Economics, Faculty of Agriculture, Brawijaya University
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://jepa.ub.ac.id/index.php/jepa/article/view/362 https://jepa.ub.ac.id/index.php/jepa/article/view/362/229 https://jepa.ub.ac.id/index.php/jepa/article/downloadSuppFile/362/81 |
Daftar Isi:
- ABSTRAKKabupaten Bondowoso merupakan kabupaten penghasil kopi arabika terbaik di Indonesia, yang dikenal dengan Kopi Java Ijen Raung, akan tetapi kopi yang dikonsumsi bukan Kopi Java Ijen Raung melainkan kopi olahan pabrik lainnya. Fenomena ini tentunya mengharuskan agroindustri kopi Java Ijen Raung mengembangkan produk kopinya agar dapat lebih diterima oleh konsumen kopi di Bondowoso. Suatu informasi mengenai perilaku konsumen sangat dibutuhkan dengan melakukan analisa karakteristik dan faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian kopi, sehingga mempermudah Kopi Java Ijen Raung dalam menentukan strategi pemasarannya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian kopi adalah faktor pribadi dan psikologis, faktor atribut produk, faktor budaya, sosial dan lingkungan eksternal konsumen, faktor kekentalan dan faktor atribut non produk.