Faktor – Faktor Penentu Keberhasilan Usaha Minuman Tradisional

Main Authors: Adriani, Della, Trimo, Lucyana
Format: Article info application/pdf Journal
Bahasa: eng
Terbitan: Department of Agricultural Social Economics, Faculty of Agriculture, Brawijaya University , 2020
Subjects:
Online Access: https://jepa.ub.ac.id/index.php/jepa/article/view/356
https://jepa.ub.ac.id/index.php/jepa/article/view/356/221
https://jepa.ub.ac.id/index.php/jepa/article/downloadSuppFile/356/210
Daftar Isi:
  • Minuman tradisional adalah minuman yang diracik menggunakan bahan – bahan yang alami dan berasal dari daerah yang memiliki bahan baku tradisional. Minuman tradisional bandrek salah satu minuman yang berasal dari Jawa Barat. Pada zaman sekarang, banyak perusahaan yang mendirikan industri pengolahan makanan dan minuman. Salah satunya CV. X, perusahaan yang mendirikan industri pengolahan minuman instan serbuk siap saji. Penjualan minuman tradisional CV. X meningkat setiap tahunnya, yaitu berkisar antara 5–8%. Minuman tradisional bandrek paling banyak memberikan kontribusi terhadap hasil penjualan CV. X, karena memiliki daya jual yang paling tinggi sebanyak 263.217 pack pada tahun 2017. Keberhasilan perusahaan dalam mempertahankan dan meningkatkan usaha dapat dilihat dari penjualannya yang terus meningkat. Tujuan dari penelitian ini adalah teridentifikasinya faktor – faktor penyebab keberhasilan perusahaan dan terbentuknya solusi dalam mempertahankan keberlanjutan usaha yang ada. Penelitian ini menggunakan desain kualitatif dengan metode studi kasus. Analisis data dilakukan dengan teknik analisis data deskriptif dan menggunakan alat analisis usaha. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor internal yang ada pada perusahaan terdiri dari organisasi, kualitas pelayanan dan pengalaman. Sedangkan faktor eksternal terdiri dari lingkungan tempat bekerja dan jaringan bisnis dengan pihak luar. Solusi untuk perkembangan perusahaan anatara lain mengikuti perkembangan trend pasar yang sedang berkembang, memperluas jaringan pasar dan melakukan promosi.