Prinsip-Prinsip Manajemen Pendidikan Islam
Main Author: | Suwatah, Suwatah |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Management of Islamic Education Department, STAI An - Najah Indonesia Mandiri, Sidoarjo, Indonesia
, 2017
|
Online Access: |
http://ejournal.stainim.ac.id/index.php/edusiana/article/view/2 http://ejournal.stainim.ac.id/index.php/edusiana/article/view/2/1 |
ctrlnum |
article-2 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><title lang="en-US">Prinsip-Prinsip Manajemen Pendidikan Islam</title><creator>Suwatah, Suwatah</creator><description lang="en-US">Ada beberapa macam metode pembelajaran Secara garis besar metode yang sering di gunakan dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam antara lain:&nbsp; ceramah, tanya jawab, diskusi, pemberian tugas, eksperimen, demonstrasi, tutorial/bimbingan dan problem solving (pemecahan masalah). Metode-metode pembelajaran PAI memiliki manfaat bagi pendidik dan peserta didik, baik dalam proses belajar dan pembelajaran maupun dalam kehidupan sehari-hari, bahkan untuk hari esok.&nbsp;Sehubungan dengan itu,&nbsp;Omar Muhammad Al-Thoumy Al-Saibany mengatakan bahwa kegunaan metodologi pendidikan&nbsp;Islam adalah sebagai berikut&nbsp;1) Menolong siswa dalam mengembangkan ilmu pengetahuan, pengalaman, keterampilan, terutama&nbsp;berpikir&nbsp;ilmiah dan sikap dalm satu kesatuan.2) Membiasakan pelajar berpikir sehat, rajin, sabar, dan teliti dalam menuntut ilmu. 3)Memudahkan pencapaian tujuan&nbsp;pembelajaran secara efektif dan efisien.4) Menciptakan suasana&nbsp;belajar mengajar&nbsp;yang kondusif, komunikatif, sehingga&nbsp;dapat meningkatkan motivasi peserta didik.</description><publisher lang="en-US">Management of Islamic Education Department, STAI An - Najah Indonesia Mandiri, Sidoarjo, Indonesia</publisher><date>2017-10-06</date><type>Journal:Article</type><type>Other:info:eu-repo/semantics/publishedVersion</type><type>Journal:Article</type><type>File:application/pdf</type><identifier>http://ejournal.stainim.ac.id/index.php/edusiana/article/view/2</identifier><identifier>10.30957/edusiana.v4i1.2</identifier><source lang="en-US">EDUSIANA: Jurnal Manajemen dan Pendidikan Islam; Vol 4 No 1 (2017): March; 1-12</source><source>2549-3612</source><source>2355-2743</source><language>eng</language><relation>http://ejournal.stainim.ac.id/index.php/edusiana/article/view/2/1</relation><rights lang="en-US">Copyright (c) 2017 EDUSIANA: Jurnal Manajemen dan Pendidikan Islam</rights><rights lang="en-US">http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0</rights><recordID>article-2</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Journal:Article Journal Other:info:eu-repo/semantics/publishedVersion Other File:application/pdf File Journal:eJournal |
author |
Suwatah, Suwatah |
title |
Prinsip-Prinsip Manajemen Pendidikan Islam |
publisher |
Management of Islamic Education Department, STAI An - Najah Indonesia Mandiri, Sidoarjo, Indonesia |
publishDate |
2017 |
url |
http://ejournal.stainim.ac.id/index.php/edusiana/article/view/2 http://ejournal.stainim.ac.id/index.php/edusiana/article/view/2/1 |
contents |
Ada beberapa macam metode pembelajaran Secara garis besar metode yang sering di gunakan dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam antara lain: ceramah, tanya jawab, diskusi, pemberian tugas, eksperimen, demonstrasi, tutorial/bimbingan dan problem solving (pemecahan masalah). Metode-metode pembelajaran PAI memiliki manfaat bagi pendidik dan peserta didik, baik dalam proses belajar dan pembelajaran maupun dalam kehidupan sehari-hari, bahkan untuk hari esok. Sehubungan dengan itu, Omar Muhammad Al-Thoumy Al-Saibany mengatakan bahwa kegunaan metodologi pendidikan Islam adalah sebagai berikut 1) Menolong siswa dalam mengembangkan ilmu pengetahuan, pengalaman, keterampilan, terutama berpikir ilmiah dan sikap dalm satu kesatuan.2) Membiasakan pelajar berpikir sehat, rajin, sabar, dan teliti dalam menuntut ilmu. 3)Memudahkan pencapaian tujuan pembelajaran secara efektif dan efisien.4) Menciptakan suasana belajar mengajar yang kondusif, komunikatif, sehingga dapat meningkatkan motivasi peserta didik. |
id |
IOS5330.article-2 |
institution |
STAI An-Najah Indonesia Mandiri |
institution_id |
1774 |
institution_type |
library:university library |
library |
E-Journal STAI An-Najah Indonesia Mandiri |
library_id |
1473 |
collection |
EDUSIANA: Jurnal Manajemen dan Pendidikan Islam |
repository_id |
5330 |
subject_area |
Education, Research/Pendidikan Filsafat, Penelitian Filsafat dan Topik Terkait dengan Filsafat Religious Education/Pendidikan Keagamaan, Pendidikan Agama |
city |
SIDOARJO |
province |
JAWA TIMUR |
repoId |
IOS5330 |
first_indexed |
2018-03-13T02:15:27Z |
last_indexed |
2019-05-08T12:44:42Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1686338882325446656 |
score |
17.538404 |