Upaya Puskesmas Bangko Kanan Kecamatan Bangko Pusako Membina Citra Positif Dalam Pelayanan Kepada Masyarakat
Main Author: | Zulkifli, Zulkifli |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uir.ac.id/788/1/BAB%20I.pdf http://repository.uir.ac.id/788/2/BAB%20II.pdf http://repository.uir.ac.id/788/3/BAB%20III.pdf http://repository.uir.ac.id/788/4/BAB%20IV.pdf http://repository.uir.ac.id/788/5/BAB%20V.pdf http://repository.uir.ac.id/788/6/DAFTAR%20PUSAKA.pdf http://repository.uir.ac.id/788/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis upaya yang dilakukan oleh Puskesmas Bangko Kanan Kecamatan Bangko Pusako untuk dapat membina citra positif dalam pelayanan kepada masyarakat, serta untuk mengetahui dan menganalisis faktor penghambat yang dihadapi Puskesmas Bangko Kanan Kecamatan Bangko Pusako untuk dapat membina citra positif dalam pelayanan kepada masyarakat. Dalam penelitian ini digunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian dilaksanakan di Puskesmas Bangko Kanan yang berada di Desa Bangko Kanan Kecamatan Bangko Pusako Kabupaten Rokan Hilir, dengan teknik pengumpulan data yang meliputi observasi, dokumen dan wawancara. Adapun subjek yang dijadikan informan dalam penelitian ini terdiri dari Kepala Puskesmas, Dokter/ Tenaga Perawat, dan pasien yang berobat di Puskesmas tersebut. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa upaya yang dilakukan Puskesmas Bangko Kanan Kecamatan Bangko Pusako dalam membina citra positif adalah selalu berupaya menjalin hubungan yang baik dengan masyarakat, melakukan sosialisasi dan penyuluhan kesehatan, melaksanakan pelayanan kesehatan bagi ibu dan anak, melaksanakan upaya pencegahan dan pemberantasan penyakit menular, dan melaksanakan program pengobatan gratis kepada masyarakat yang tidak mampu, serta berupaya memberikan pelayanan yang prima dan memuaskan kepada masyarakat. Adapun faktor penghambat yang dihadapi oleh Puskesmas Bangko Kanan Kecamatan Bangko Pusako dalam upaya membina citra positif melalui penyelenggaraan pelayanan yang baik, bermutu dan memuaskan bagi masyarakat adalah faktor fasilitas dan prasarana pelayanan yang belum memadai, masih rendahnya profesionalisme kerja sebagian aparatur, serta belum efektifnya pembinaan yang dilakukan dinas atau pihak terkait. Kata Kunci : pusat kesehatan masyarakat, citra, pelayanan kesehatan.