Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match (Mencari Pasangan) Terhadap Hasil Belajar Kognitif Biologi Siswa Kelas VII-B SMP Negeri 3 Bangkinang Tahun Ajaran 2017/2018

Main Author: Yusnelianti, Yusnelianti
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.uir.ac.id/647/1/bab1.pdf
http://repository.uir.ac.id/647/2/bab2.pdf
http://repository.uir.ac.id/647/3/bab3.pdf
http://repository.uir.ac.id/647/4/bab4.pdf
http://repository.uir.ac.id/647/5/bab5.pdf
http://repository.uir.ac.id/647/6/daftar_pustaka.pdf
http://repository.uir.ac.id/647/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perolehan hasil belajar pengetahuan pemahaman konsep biologi dengan Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match (mencari pasangan). Penelitian ini menggunakan metode PTK (Penelitian Tindakan Kelas). Populasi pada penelitian ini adalah seluruh Siswa Kelas VII-B SMP Negeri 3 Bangkinang yang berjumlah 22 orang terdiri dari 13 siswa laki-laki dan 9 siswa perempuan. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan dokumentasi dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif. Data yang diperoleh yaitu data hasil belajar pengetahuan pemahaman konsep. Hasil tindakan dari daya serap PPK siswa sebelum PTK adalah 75,54% dengan ketuntasan klasikal 59,09%, setelah PTK pada siklus I yaitu 77,80% terjadi peningkatan sebesar 2,25% dengan ketuntasan klasikal 68,18% dan pada siklus II kembali meningkat sebesar 10,3% menjadi 88,10 dengan ketuntasan klasikal 95,45%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match (mencari pasangan) dapat meningkatkan hasil belajar kognitif biologi siswa kelas VII-B SMP Negeri 3 Bangkinang Tahun Ajaran 2017/2018. Kata kunci : Pembelajaran Kooperatif, Make A MAtch, Hasil Belajar kognitif.