Pengembangan Media Pembelajaran Power Point Terintegrasi dengan Imtaq pada Materi Pokok Sistem Sirkulasi Untuk Siswa Kelas XI SMA di Kota Pekanbaru
Main Author: | Tanti, Ilmila Dewi |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uir.ac.id/645/1/bab1.pdf http://repository.uir.ac.id/645/2/bab2.pdf http://repository.uir.ac.id/645/3/bab3.pdf http://repository.uir.ac.id/645/4/bab4.pdf http://repository.uir.ac.id/645/5/bab5.pdf http://repository.uir.ac.id/645/6/daftar_pustaka.pdf http://repository.uir.ac.id/645/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran power point terintegrasi dengan Imtaq pada sistem sirkulasi pada manusia untuk siswa kelas XI SMA di Kota Pekanbaru. Penelitian ini adalah penelitian Research and Development (R&D), menggunakan model ADDIE. Tahap pada penelitian yang dilakukan yaitu Analisis (Analyze), Desain (Design) dan Pengembangan (Development). Penentuan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Berdasarkan teknik tersebut, maka penentuan sampel yang diambil adalah 10 peserta didik dari masing-masing sekolah dengan kriteria tertentu, yaitu SMA yang menerapkan kurikulum 2013 revisi. Data diperoleh dengan melakukan validasi media pembelajaran kepada ahli materi, ahli media, ahli Imtaq, dan guru, serta menggunakan lembar validasi berupa angket respon siswa yang harus diisi oleh peserta didik setelah menggunakan media pembelajaran tersebut. Teknik analisis data menggunakan deskriptif data kuantitatif. Hasil penelitian berupa media pembelajaran power point materi sistem sirkulasi terintegrasi dengan Imtaq dalam bentuk CD. Hasil validasi ahli Imtaq menunjukkan bahwa media pembelajaran yang dikembangkan sangat layak dengan persentase rata-rata 95.00%. Hasil validasi ahli materi menunjukkan bahwa materi pembelajaran yang dikembangkan sangat layak dengan persentase rata-rata 88.75%. Hasil validasi oleh ahli media menunjukkan bahwa media pembelajaran yang dikembangkan sangat layak dengan persentase rata-rata 100% .Hasil validasi oleh tiga orang guru yang mengajar mata pelajaran Biologi menunjukkan bahwa media pembelajaran yang dikembangkan sangat layak digunakan dalam proses pembelajaran dengan rata-rata persentase 97.22%. Hasil validasi oleh seluruh ahli validator menunjukan bahwa media yang dikembangkan sangat layak dengan persentase rata-rata 95.24%. Dan media pembelajaran power point yang dikembangkan ini mendapat tanggapan sangat baik dari peserta didik. Hal ini dapat dilihat dari rata-rata respon peserta didik dari tiga sekolah sebesar 93.70% (sangat baik). Berdasarkan hasil validasi dari para ahli diperoleh produk berupa media pembelajaran powerpoint terintegrasi imtaq pada sistem sirkulasi sangat layak untuk digunakan dalam kegiatan pembelajaran Biologi kelas XI SMA/MA. Kata Kunci: Penelitian Pengembangan, Media Pembelajaran, Power Point, Terintegrasi Imtaq, Sistem Sirkulasi