Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Dengan Mengunakan KlipingUntuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Biologi Siswa Kelas XI IPA 2 SMA YLPI Pekanbaru Tahun Ajaran 2017/2018

Main Author: Susi, Fitria
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.uir.ac.id/644/1/bab1.pdf
http://repository.uir.ac.id/644/2/bab2.pdf
http://repository.uir.ac.id/644/3/bab3.pdf
http://repository.uir.ac.id/644/5/bab4.pdf
http://repository.uir.ac.id/644/4/bab5.pdf
http://repository.uir.ac.id/644/6/daftar_pustaka.pdf
http://repository.uir.ac.id/644/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan kognitif biologi siswa kelas XI IPA 2 SMA YLPI Pekanbaru Tahun Ajaran 2017/2018 melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT). Kelas yang di ambil untuk menerapkan kooperatif TGT adalah kelas XI IPA 2 SMA YLPI Pekanbaru jumlah siswa 33 orang, dimana jumlah laki-laki 8 orang dan perempuan 25 orang. Parameter yang diukur adalah hasil belajar siswa berupa daya serap dan ketuntasan belajar yang diperoleh dari kuis 6 kali pertemuan dan ulangan harian pada setiap siklus. Teknis analisis data yang digunakan adalah teknis analisis deskriptif. Hasil analisis deskriptif hasil belajar yang dilakukan sebanyak dua kali siklus yang terdiri dari dua belas kali pertemuan, daya serap siswa mengalami penurunan sebesar 5,53% dari sebelum PTK (80,03%) setelah siklus PTK siklus I (74,50%) dan mengalami peningkatan sebesar 14,75% setelah siklus II (89,25%). Dapat disimpulkan bahwa Penerapan Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) Dapat Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Biologi Siswa Kelas XI IPA 2 SMA YLPI Pekanbaru Tahun Ajaran 2017/2018. Kata Kunci: Kooperatif, Teams Games Tournament, Kemampuan Kognitif