Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing untuk Menigkatkan Hasil Belajar Biologi Siswa XI IPA1 SMA PGRI Tahun Ajaran 2016/2017
Main Author: | Meidamayani S, Meidamayani S |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uir.ac.id/636/1/bab1.pdf http://repository.uir.ac.id/636/2/bab2.pdf http://repository.uir.ac.id/636/3/bab3.pdf http://repository.uir.ac.id/636/4/bab4.pdf http://repository.uir.ac.id/636/5/bab5.pdf http://repository.uir.ac.id/636/6/daftar_pustaka.pdf http://repository.uir.ac.id/636/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Biologi siswa kelas XI IPA1 SMA PGRI Pekanbaru Tahun Ajaran 2016/2017 melalui penerapan pembelajaran inkuiri terbimbing yang merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan analisis data secara deskriptif. Pengambilan data pada penelitian ini dimulai pada tanggal tanggal 19 Januari-27 Februari 2017. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI IPA1 yang berjumlah 33 orang siswa, terdiri dari 12 orang siswa laki-laki dan 21 orang siswa perempuan.. Berdasarkan analisis data yang diperoleh, daya serap siswa pada nilai PPK sebelum PTK yaitu 66,55%, setelah PTK pada siklus I sebesar 81,61% dan siklus II sebesar 86,30%. Ketuntasan klasikal siswa sebelum PTK yaitu 39,39%, setelah PTK pada siklus I sebesar 78,79% dan siklus II sebesar 100%. Nilai rata-rata daya serap KI siswa sebelum PTK yaitu 71,10%, setelah PTK pada siklus I sebesar 81,43% dan siklus II sebesar 88,23%. Ketuntasan klasiklal KI siswa sebelum PTK yaitu sebesar 48,48%, setelah PTK pada siklus I sebesar 84,85%, dan siklus II sebesar 100%. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran inkuiri terbimbing dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI IPA1 PGRI Pekanbaru Tahun Ajaran 2016/2017. Kata Kunci: Pembelajaran Inkuiri Terbimbing, Hasil Belajar.