Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Dengan Menggunakan Handout Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas VII1 SMP Negeri 12 Pekanbaru Tahun Ajaran 2017/2018

Main Author: Khairiawati, Khairiawati
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.uir.ac.id/631/1/bab1.pdf
http://repository.uir.ac.id/631/2/bab2.pdf
http://repository.uir.ac.id/631/3/bab3.pdf
http://repository.uir.ac.id/631/4/bab4.pdf
http://repository.uir.ac.id/631/5/bab5.pdf
http://repository.uir.ac.id/631/6/daftar_pustaka.pdf
http://repository.uir.ac.id/631/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa setelah diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe make a match dengan menggunakan handout pada siswa kelas VII1 di SMP Negeri 12 Pekanbaru Tahun Ajaran 2017/2018. Penelitian Tindakan Kelas dimulai dari bulan Agustus sampai dengan September 2017 di kelas VII1 SMP Negeri 12 Pekanbaru Tahun Ajaran 2017/2018. Subyek penelitian adalah siswa kelas VII1 SMP Negeri 12 Pekanbaru yang berjumlah 30 orang siswa. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Data dianalisis secara deskriptif, dengan melihat daya serap, ketuntasan individual dan ketuntasan klasikal. Hasil analisis data dari penerapan model pembelajaran kooperatif tipe make a match dengan menggunakan handout untuk nilai kognitif diperoleh daya serap siswa sebelum PTK yaitu 76,2% dengan ketuntasan klasikal 66%, setelah setelah PTK pada siklus I yaitu 82,3% terjadi peningkatan sebesar 6,1% dengan ketuntasan klasikal sebesar 80% dan pada siklus II kembali meningkat sebesar 3,2% menjadi 85,5% dengan ketuntasan klasikal 86,7%. Dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe make a match dengam menggunakan handout dapat meningkatkan hasil belajar biologi siswa kelas VII1 di SMP Negeri 12 Pekanbaru Tahun Ajaran 2017/2018. Kata kunci : Model Pembelajaran Kooperatif tipe Make A Match, Handout dan Hasil belajar.