Peran Guru Membimbing Siswa Menghafal Al-Qur’an di SMP Juara Kecamatan Bukit Raya Kota Pekanbaru

Main Author: Yudi, Nuryanto
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.uir.ac.id/604/1/bab1.pdf
http://repository.uir.ac.id/604/2/bab2.pdf
http://repository.uir.ac.id/604/3/bab3.pdf
http://repository.uir.ac.id/604/4/bab4.pdf
http://repository.uir.ac.id/604/5/bab5.pdf
http://repository.uir.ac.id/604/6/daftar_pustaka.pdf
http://repository.uir.ac.id/604/
Daftar Isi:
  • Belakangan ini minat menghafal Al-Qur’an di kalangan umat Islam sudah semakin di minati akan tetapi di kalangan siswa minat menghafal Al-Qur’an masih kurang di minati. Faktor penyebab siswa kurang berminat dalam menghafal Al-Qur’an bisa timbul dari dalam dirinya sendiri (internal), karena perasaan jenuh, bosan dan sebagainya. Kurang berminat dalam menghafal Al-Qur’an juga bisa timbul dari luar dirinya sendiri (external), karena faktor lingkungan keluarga dan faktor ekonomi. Yang menjadi masalah dalam penelitian ini adalah masih ada sebagian siswa yang kurang berminat menghafal Al-Qur’an sedangkan guru selalu memberikan motivasi kepada siswa agar mau menghafal Al-Qur’an, masih ada sebagian siswa yang suka lupa dengan hafalan Al-Qur’annya sedangkan guru sudah menyuruh kepada siswa untuk mengulang-ulang di rumah, siswa kurang fokus dalam menghafal Al-Qur’an. Dengan rumusan masalah, bagaimana peran guru membimbing siswa menghafal Al-Qur’an di SMP Juara Kecamatan Bukit Raya Kota Pekanbaru. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peran guru dalam membimbing siswa menghafal Al-Qur’an di SMP Juara Kecamatan Bukit Raya Kota Pekanbaru. Jenis penelitian deskriptif. Adapun yang menjadi subjek penelitian adalah guru di SMP Juara Kecamatan Bukit Raya Kota Pekanbaru, objek penelitian peran guru membimbing siswa menghafal Al-Qur’an Kecamatan Bukit Raya Kota Pekanbaru. Populasi dan sampel berjumlah 11 orang guru. Untuk memperoleh data tersebut maka penulis menggunakan metode pengumpulan data berupa angket dan dokumentasi. Teknik pengumpulan datanya yaitu editing, koding, tabulasi. Berdasarkan data yang diperoleh dari lapangan dan setelah dianalisa maka penelitian ini diperoleh rata-rata jawaban responden adalah 92,07% berada pada interval 75%-100% dengan kategori baik. Dengan demikian dapat disimpulkan peran guru membimbing siswa menghafal Al-Qur’an di SMP Juara Kecamatan Bukit Raya Kota Pekanbaru tergolong baik.