Hubungan Metode Learning Tournament Dengan Minat Belajar Siswa Kelas X Di Sman 1 Logas Tanah Darat

Main Author: Wina, Daliyati
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.uir.ac.id/602/1/bab1.pdf
http://repository.uir.ac.id/602/2/bab2.pdf
http://repository.uir.ac.id/602/3/bab3.pdf
http://repository.uir.ac.id/602/4/bab4.pdf
http://repository.uir.ac.id/602/5/bab5.pdf
http://repository.uir.ac.id/602/6/daftar_pustaka.pdf
http://repository.uir.ac.id/602/
Daftar Isi:
  • Gejala dalam penelitian ini adalah suasana kelas kelihatan pasif ketika proses pembelajaran berlangsung, banyaknya siswa yang bermain-main/tidak memperhatikan penjelasan guru, siswa acuh tak acuh dalam belajar, terlihat ketika pembelajaran berlangsung, masih ada siswa yang keluar masuk, tidak adanya feedback siswa terhadap proses pembelajarandan sewaktu dibentuk kelompok belajar, tidak semua siswa ikut serta berdiskusi dengan temannya. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana hubungan metode Learning Tournament dengan minat belajar siswa di SMAN 1 Logas Tanah Darat. Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan ilmu yang penulis peroleh untuk memecahkan setiap masalah yang ditemukan dalam penelitian ini, secara khusus adalah untuk mengetahui hubungan metode Learning Tournament dan minat belajar siswa di SMAN 1 Logas Tanah Darat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat hubungan kegiatan siswa dalam mengikuti pembelajaran Pendidikan Agama Islam menggunakan metode Learning Tournament dengan minat belajar di SMAN 1 Logas Tanah Darat. Subjek yang di gunakan dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X di SMAN 1 Logas Tanah Darat. Objek yang di gunakan didalam penelitian ini adalah hubungan metode Learning Tournament dengan minat belajar peserta didik di SMAN 1 Logas Tanah Darat. Populasi penelitian ini adalah siswa di SMAN 1 Logas Tanah Darat yang berjumlah 250 siswa dan mengambil sampel siswa kelas X sebanyak 20% dari 250 siswa berjumlah 50 siswa. Penelitian ini terdiri dari dua variabel yaitu variabel X (metode Learning Tournament) dan variabel Y (minat belajar). Metode analisis korelasi data yang dipergunakan dalam penelitian ini korelasi product Moment. Berdasarkan hasil pengolahan data nilai signifikansi 0.000 < 0.05, maka Ho ditolak. Nilai koefisien korelasi adalah 0.706 berada pada interval koefisien korelasi terletak direntang 0.60-0.799 dengan kriteria tingkat hubungan kuat. Dengan demikian variabel X (strategi Learning Tournament) dan variabel Y (minat belajar) terdapat hubungan. Maka ditarik kesimpulan bahwa terdapat hubungan yang kuat antara metode Learning Tournament dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam terhadap minat belajar di SMAN 1 Logas Tanah Darat. Kata Kunci: Learning Tournament, Minat Belajar