Penerapan Metode Pembelajaran Kooperatif Problem Based Learning (PBL) dalam Think Pair Share (TPS) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Di Kelas X IPS 1 SMAN 1 Sentajo Raya
Main Author: | Neni, Agustia |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uir.ac.id/570/1/bab1.pdf http://repository.uir.ac.id/570/2/bab2.pdf http://repository.uir.ac.id/570/3/bab3.pdf http://repository.uir.ac.id/570/4/bab4.pdf http://repository.uir.ac.id/570/5/bab5.pdf http://repository.uir.ac.id/570/6/daftar_pustaka.pdf http://repository.uir.ac.id/570/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar ekonomi kelas X IPS 1 SMAN 1 Sentajo Raya. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan januari, subjek penelitian adalah siswa kelas X IPS 1 SMAN 1 Sentajo Raya tahun ajaran 2017/2018 yang berjumlah 24 siswa, yang terdiri dari 10 siswa perempuan dan 14 siswa laki-laki. Pengumpulan data pada penelitian ini untuk hasil belajar siswa melalui hasil ulangan harian di setiap siklus. Sebelum diterapkan penelitian tindakan kelas terdapat 10 siswa yang mendapat nilai di bawah KKM (Kriteria Ketuntasan Maksimal) yakni 75. Setelah diterapkan penelitian tindakan kelas sebanyak 2 siklus, pada siklus I terdapat 3 siswa yang tidak tuntas atau mendapat nilai di bawah KKM. Pada siklus II semua siswa kelas X IPS 1 tuntas. Sedangkan dari lembar observasi dari siklus I dan II terdapat peningkatan aktivitas siswa dan aktivitas guru selama proses pembelajaran berlangsung. Maka hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan metode pembelajaran kooperatif Problem Based Learning (PBL) dalam Think Pair Share (TPS) dapat meningkatkan hasil belajar ekonomi siswa kelas X IPS 1 SMAN 1 Sentajo Raya. Kata Kunci : Metode Problem Based Learning (PBL), Think Pair Share (TPS), Hasil Belajar