Pengaruh Kompetensi Kepribadian Guru PAI Terhadap Akhlak Peserta Didik Di SMA Negeri 1 Tembilahan Hu

Main Author: Agus, Kurnaein
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.uir.ac.id/526/1/bab1.pdf
http://repository.uir.ac.id/526/2/bab2.pdf
http://repository.uir.ac.id/526/3/bab3.pdf
http://repository.uir.ac.id/526/4/bab4.pdf
http://repository.uir.ac.id/526/5/bab5.pdf
http://repository.uir.ac.id/526/6/daftar_pustaka.pdf
http://repository.uir.ac.id/526/
Daftar Isi:
  • Kompetensi dapat diartikan sebagai kemampuan, dalam hal ini guru juga harus memiliki kemampuan tersendiri, guna mencapai harapan yang kita cita-citakan dalam melaksanakan pendidikan pada umumnya dan proses belajar mengajar pada khususnya. Akhlak merupakan sifat yang sudah tertanam dalam jiwa yang mendorong perilaku seseorang dengan mudah sehingga menjadi prilaku kebiasaan. Akan tetapi permasalahan yang terjadi di SMA Negeri 1 Tembilahan Hulu, masih ada beberapa siswa yang akhlaknya tidak baik, seperti; membuang sampah sembarangan. Seharunya peserta didik mampu memberikan cerminan yang baik dalam tingkah laku. Rumusan masalah penelitian ini adalah apakah terdapat pengaruh kompetensi kepribadian guru pendidikan agama islam terhadap akhlak peserta didik di SMA Negeri 1 Tembilahan Hulu. Berdasarkan rumusan masalah tersebut maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kompetensi kepribadian guru pendidikan agama islam terhadap akhlak peserta didik di SMA Negeri 1 Tembilahan Hulu. Jenis penelitian ini adalah korelasi dan menggunakan analisis regresi sederhana. Teknik pengumpulan datanya menggunakan angket dan dokumentasi. Untuk memperoleh data dari penelitian ini digunakan metode pengumpulan data melalui angket yang disebarkan kepada 73 responden. Data yang telah dikumpulkan akan dianalisis dengan bantuan program SPSS V20. Berdasarkan hasil pengolahan dan analisis data yang telah penulis lakukan, maka diperoleh kesimpulan bahwa ada pengaruh kompetensi kepribadian guru pendidikan gama islam terhadap akhlak peserta didik di SMA Negeri 1 Tembilahan Hulu, dengan perhitungan nilai signifikansi < 0,05 (0,00< 0,05). Sedangkan besar pengaruh kompetensi kepribadian sebesar 0,489 terdapat pengaruh yang “Sedang” kompetensi kepribadian pendidikan agama islam terhadap akhlak peserta didik di SMA Negeri 1 Tembilahan Hulu.