Analisa Perbandingan Suplay Bahan Bakar Dengan Sistem Injeksi Dan Karburator Terhadap Performance Motor 4 Langkah Pada Kendaraan Roda Dua

Main Author: Zulkarnain, Zulkarnain
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.uir.ac.id/506/1/bab1.pdf
http://repository.uir.ac.id/506/2/bab2.pdf
http://repository.uir.ac.id/506/3/bab3.pdf
http://repository.uir.ac.id/506/4/bab4.pdf
http://repository.uir.ac.id/506/5/bab5.pdf
http://repository.uir.ac.id/506/6/daftar_pustaka.pdf
http://repository.uir.ac.id/506/
Daftar Isi:
  • Motor bakar adalah salah satu bagian dari mesin kalor yang berfungsi untuk mengkonversi energi termal hasil pembakaran bahan bakar menjadi energi mekanis. Di dalam motor bakar ada dua jenis penyuplai bahan bakar yaitu, karburator dan injeksi. Penyuplai karburator dan injeksi memiliki perbedaan dimana perbedaan tersebut mempengaruhi kerja mesin, perawatan dan tingkat ke ekonomisan. Adanya perbedaan tersebut perlu di uji untuk mendapatkan perbandingan nilai parameter motor 4 langkah pada kendaraan roda dua yang menggunakan suplai bahan bakar dengan sistem injeksi dan karburator dan mendapatkan suplai bahan bakar yang terbaik terhadap performance. Setelah dilakukan pengujian di peroleh nilai performance suplai injeksi lebih baik dengan nilai torsi 10,21 N.m, Daya efektif (Ne) 7680,7 Watt, Pemakaian bahan bakar (ṁƒ) 0,77 kg/jam, Tekanan efektif rata-rata (Pe) 1537,4 (Pa), Panas masuk (Qm) 34.486 kcal/jam, Pemakaian bahan bakar spesifik (SFC) 0,101 kg/Watt.jam, Kecepatan udara masuk 6,8 m/s, efesiensi thermal 79 %. Dimana perbandingan tersebut lebih dominan pada sistem suplay bahan bakar injeksi, hal ini dapat di terlihat dari hasil setiap parameter yang berubah setiap kenaikan putaran motor bakar torak 4 langkah. Dari penelitian tersebut sistem injeksi lebih baik dari pada sistem karburator. Kata Kunci: motor bakar,bahan bakar, karburator dan injeksi.