Konstruksi Pemberitaan Media Online Dalam Polemik Pengakuan Antasari Azhar (Analisis Framing Situs Berita Sindonews.com Pemberitaan Antasari Azhar Edisi 14 Februari-16 Februari 2017)

Main Author: Marcelina, Cinthia
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.uir.ac.id/385/1/bab1.pdf
http://repository.uir.ac.id/385/2/bab2.pdf
http://repository.uir.ac.id/385/3/bab3.pdf
http://repository.uir.ac.id/385/4/bab4.pdf
http://repository.uir.ac.id/385/5/bab5.pdf
http://repository.uir.ac.id/385/6/daftar_pustaka.pdf
http://repository.uir.ac.id/385/
Daftar Isi:
  • Media online memiliki kemampuan dalam mengkonstrusi dan membingkai sebuah isu ke dalam berita menurut pandangannya masing-masing. Hal ini dikarenakan pemberitaan di media online dipengaruhi oleh berbagai kepentingan seperti kepentingan pemilik media. Salah satu isu yang menyita perhatian media online edisi 14 februari -16 februari 2017, adalah pemberitaan polemik tentang pengakuan Antasari Azhar saat melakukan jumpa pers yang menyeret nama pemilik media sindonews.com hary tanoesoedibjo sebagai utusan dari cikeas. Tujuan penelitian ini untuk melihat sejauh mana pengaruh media kepemilikan terhadap keobjektivitas dalam memberitakan pengakuan Antasari Azhar edisi 14 februari-16 februaari 2017. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif melalui metode analisis framing model Robert Entman. Adapun data dari penelitian ini bersumber dari 7 berita media online sindonews.com yang banyak dikomentari oleh netizen.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Bingkai (Framing) konstruksi sindonews.com terhadap pemberitaan pengakuan Antasari Azhar yang menyatakan bahwa Hary Tanoesoedibjo sebagai utusan Cikeas selalu dalam sudut pandang negatif. Antasari dinilai sebagai sosok yang mencari sensai, menfitnah dan tidak konsisten. Sindonews.com masih tetap menjaga citra dari pemilik media Hary Tanoesoedibjo. sindonews.com hanya mengutip tanggapan atau pernyataan yang menjatuhkan Antasari Azhar yang juga tidak lain memiliki hubungan dengan pemilik media Sindonews.com Harry Tanoesoedibjo. Kata Kunci: Analisis Framing, Media Online, berita