Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Dengan Pendekatan Realistic Mathematic Education(RME) Pada Materi Perbandingan Kelas VII SMP Bukit Raya Pekanbaru

Main Author: Agus, Sri Murtika
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.uir.ac.id/302/1/bab1.pdf
http://repository.uir.ac.id/302/2/bab2.pdf
http://repository.uir.ac.id/302/3/bab3.pdf
http://repository.uir.ac.id/302/4/bab4.pdf
http://repository.uir.ac.id/302/5/bab5.pdf
http://repository.uir.ac.id/302/6/daftar_pustaka.pdf
http://repository.uir.ac.id/302/
Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini untuk menghasilkan perangkat pembelajaran dengan pendekatan Realistic Mathematic Education (RME). Perangkat pembelajaran yang dikembangkan berupa Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD). Bentuk penelitian ini adalah Reseach and Development (R&D) dengan langkah-langkah, potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk,validasi desain, revisi desain, ujicoba pemakaian, dan terakhir revisi produk. Subjek uji coba pada penelitian ini 30 orang siswa SMP Bukit Raya Pekanbaru. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini berupa lembar validasi dan lembar respon . Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah non tes. Teknik analisis data pada penelitian ini adalah analisis deskriptif kuantitatif yang mendeskripsikan validitas dan praktikalitas. Nilai kevalidan perangkat diberikan kepada pakar yaitu 2 dosen dan 2 guru, dimana niali kevalidan pada RPP ini sebesar 76,89% dan pada LKPD sebesar 78,40%. Sehingga dari kegiatan penelitian tersebut diperoleh kevalidan perangkat pembelajaran dengan pendekatan Realistic Mathematic Education (RME) cukup valid digunakan untuk siswa kelas VII SMP Bukit Raya Pekanbaru. Kata Kunci : Pengembangan Perangkat Pembelajaran, RME, RPP, LKPD, R&D (Research dan Development)