ctrlnum 24
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.uir.ac.id/24/</relation><title>Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Buku Pop-Up &#xD; Untuk Materi Geometri Topik Bangun Ruang</title><creator>Endah, Sri Wahyuni</creator><subject>LB Theory and practice of education</subject><description>Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk menghasilkan produk media pembelajaran matematika berupa buku pop-up untuk materi geometri topik bangun ruang. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran yang valid dan praktis. Penelitian ini mengacu pada pengembangan instruksional Plomp (1997) meliputi pengembangan model pendidikan ini terdiri atas lima tahap (fase) yaitu: (1) fase investigasi awal; (2) fase desain; (3) fase realisasi kontruksi; (4) fase tes, evaluasi dan revisi. Uji coba produk ini dilaksanakan di kelas VIII SMP IT Dar Al-Ma&#x2019;arif Pekanbaru. Instrumen penelitian ini adalah lembar validasi, angket respon siswa dan angket keterlaksanaan. Produk divalidasi oleh dosen ahli media dan ahli materi ajar serta diuji terbatas pada siswa SMP IT Dar Al-Ma&#x2019;arif Pekanbaru. Media pembelajaran ini berisi materi geometri khususnya bangun ruang sisi datar yaitu untuk prisma dan limas. Produk media pembelajaran yang telah dikembangkan mempunyai keterangan kevalidan sangat valid dengan persentase kevalidan 87,5% dan berdasarkan praktikalitas diperoleh keterangan praktikalitas sangat praktis dengan persentase kepraktisan 8455 %. Dengan hasil temuan ini media yang dikembangkan dapat dikatakan media pembelajaran yang valid dan praktis digunakan dalam pembelajaran khususnya pada materi geometri topik bangun ruang khusunya untuk prisma dan limas.&#xD; &#xD; &#xD; Kata Kunci: Buku Pop-Up, Geometri topik Bangun Ruang</description><date>2016-06-07</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://repository.uir.ac.id/24/1/ABSTRAK.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://repository.uir.ac.id/24/2/BAB%201.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://repository.uir.ac.id/24/3/BAB%202.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://repository.uir.ac.id/24/4/BAB%203.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://repository.uir.ac.id/24/5/BAB%204.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://repository.uir.ac.id/24/6/BAB%205.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://repository.uir.ac.id/24/7/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf</identifier><identifier> Endah, Sri Wahyuni (2016) Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Buku Pop-Up Untuk Materi Geometri Topik Bangun Ruang. Other thesis, Pendidikan Matematika. </identifier><recordID>24</recordID></dc>
language ind
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Endah, Sri Wahyuni
title Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Buku Pop-Up Untuk Materi Geometri Topik Bangun Ruang
publishDate 2016
topic LB Theory and practice of education
url http://repository.uir.ac.id/24/1/ABSTRAK.pdf
http://repository.uir.ac.id/24/2/BAB%201.pdf
http://repository.uir.ac.id/24/3/BAB%202.pdf
http://repository.uir.ac.id/24/4/BAB%203.pdf
http://repository.uir.ac.id/24/5/BAB%204.pdf
http://repository.uir.ac.id/24/6/BAB%205.pdf
http://repository.uir.ac.id/24/7/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://repository.uir.ac.id/24/
contents Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk menghasilkan produk media pembelajaran matematika berupa buku pop-up untuk materi geometri topik bangun ruang. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran yang valid dan praktis. Penelitian ini mengacu pada pengembangan instruksional Plomp (1997) meliputi pengembangan model pendidikan ini terdiri atas lima tahap (fase) yaitu: (1) fase investigasi awal; (2) fase desain; (3) fase realisasi kontruksi; (4) fase tes, evaluasi dan revisi. Uji coba produk ini dilaksanakan di kelas VIII SMP IT Dar Al-Ma’arif Pekanbaru. Instrumen penelitian ini adalah lembar validasi, angket respon siswa dan angket keterlaksanaan. Produk divalidasi oleh dosen ahli media dan ahli materi ajar serta diuji terbatas pada siswa SMP IT Dar Al-Ma’arif Pekanbaru. Media pembelajaran ini berisi materi geometri khususnya bangun ruang sisi datar yaitu untuk prisma dan limas. Produk media pembelajaran yang telah dikembangkan mempunyai keterangan kevalidan sangat valid dengan persentase kevalidan 87,5% dan berdasarkan praktikalitas diperoleh keterangan praktikalitas sangat praktis dengan persentase kepraktisan 8455 %. Dengan hasil temuan ini media yang dikembangkan dapat dikatakan media pembelajaran yang valid dan praktis digunakan dalam pembelajaran khususnya pada materi geometri topik bangun ruang khusunya untuk prisma dan limas. Kata Kunci: Buku Pop-Up, Geometri topik Bangun Ruang
id IOS5328.24
institution Perpustakaan Universitas Islam Riau
affiliation onesearch.perpusnas.go.id
institution_id 1771
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Islam Riau
library_id 1470
collection Repository Universitas Islam Riau
repository_id 5328
city KOTA PEKANBARU
province RIAU
repoId IOS5328
first_indexed 2018-03-13T02:15:23Z
last_indexed 2018-03-13T02:15:23Z
recordtype dc
_version_ 1686338963929825280
score 17.538404