Penerapan Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X Sma Negeri 01 Kecamatan Keritang Kabupaten Indragiri Hilir

Main Author: Juli Harianto, JH
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://repository.uir.ac.id/21/1/abstrak%20NEW.pdf
http://repository.uir.ac.id/21/2/BAB%20I.pdf
http://repository.uir.ac.id/21/3/BAB%20II%20new.pdf
http://repository.uir.ac.id/21/4/BAB%20III%20new.pdf
http://repository.uir.ac.id/21/5/BAB%20IV.pdf
http://repository.uir.ac.id/21/6/BAB%20V.pdf
http://repository.uir.ac.id/21/7/DAFTAR%20PUSTAK%20OK.pdf
http://repository.uir.ac.id/21/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada SMA Negeri 01 Kecamatan Keritang Kabupaten Indra Giri Hilir Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus, masing-masing siklus dua kali pertemuan dan beberapa tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Rata-rata peningkatan presentase aktifitas guru pada siklus I pertemuan pertama adalah 68%. Kemudian meningkat pada pertemuan kedua menjadi 72%. Siklus II pada pertemuan Pertama meningkat menjadi 88%, pada pertemuan kedua meningkat menjadi 92%,Rata-rata peningkatan aktivitas siswa pada siklus I pertemuan pertama adalah 58,08%. Kemudian meningkat pada pertemuan kedua menjadi 72,05%. Siklus II pertemuan pertama adalah 80,14%, meningkat pada pertemuan ke dua menjadi 88,18%. Penerapan pembelajaran kooperatif melalui tipe group investigation dapat meningkatkan hasil belajar ekonomi siswa dari skor dasar, siklus I ke siklus II. Skor dasar dengan skala klasikal 58,82%, ketuntasan individu 20 orang dengan rata-rata 74,55. Siklus I dengan skala klasikal 70,05%, ketuntasan individu 24 orang dengan rata-rata 79,11. Siklus II dengan skala klasikal 91,17%, ketuntasan individu 31 orangdari 34 orang dengan rata-rata 89,85.Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan Tipe group investigation dapat meningkatkan hasil belajar ekonomi. Kata kunci : Penerapan Metode Pembelajaran Tipe Group Investigation, Hasil Belajar.