Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) Dengan Media Power Point Terhadap Hasil Belajar IPS Terpadu Siswa Kelas VII MTs Masmur Pekanbaru

Main Author: Suryana, Suryana
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.uir.ac.id/205/1/bab1.pdf
http://repository.uir.ac.id/205/2/bab2.pdf
http://repository.uir.ac.id/205/3/bab3.pdf
http://repository.uir.ac.id/205/4/bab4.pdf
http://repository.uir.ac.id/205/5/bab5.pdf
http://repository.uir.ac.id/205/6/daftar_pustaka.pdf
http://repository.uir.ac.id/205/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) dengan Media Power Point terhadap hasil belajar IPS Terpadu siswa. Penelitian ini menggunakan kuasi eksperimen. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII di MTS Masmur Pekanbaru. Sampel dipilih berdasarkan uji homogenitas dan nilai pretest yang diberikan kepada populasi. Tiga kelas yang homogen kemudian dipilih secara acak untuk menentukan kelas kontrol, kelas eksperimen I dan kelas ekperimen II. Maka terpilih kelas VII1 kelas eksperimen I, kelas VII3 kelas eksperimen II, dan kelas VII2 kelas kontrol. Data uji hipotesis diperoleh setelah perlakuan dimana kelas eksperimen I diperlakukan dengan pembelajaran Numbered Heads Together (NHT), kelas eksperimen II dipelakukan dengan pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) dengan media Power Point sedangkan kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional. Dari analisis data One Way ANOVA diketahui bahwa sig 0,03 < dari sig 0,05 maka Ho ditolak Ha diterima, maka ada pengaruh hasil belajar IPS Terpadu setelah diterapkan model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) dengan media Power Point, kelas yang memiliki rata-rata paling tinggi adalah kelas VII3 Kata kunci: Model Pembelajaran Kooperatif Numbered Heads Together, Media Power Point, Hasil Belajar.