Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Dan Lingkungan Belajar Dalam Proses Pembelajaran Terhadap Motivasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas XII IPS Di SMAN 1 Pangkalan Kuras
Main Author: | Ayu, Astuti |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uir.ac.id/204/1/bab1.pdf http://repository.uir.ac.id/204/2/bab2.pdf http://repository.uir.ac.id/204/3/bab3.pdf http://repository.uir.ac.id/204/4/bab4.pdf http://repository.uir.ac.id/204/5/bab5.pdf http://repository.uir.ac.id/204/6/daftar_pustaka.pdf http://repository.uir.ac.id/204/ |
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian ini adalah Mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran LCD Proyektor terhadap motivasi belajar Akuntansi di SMAN 1 Pangkalan Kuras, Mengetahui pengaruh lingkungan belajar terhadap motivasi belajar Akuntansi di SMAN 1 Pangkalan Kuras, dan Mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran LCD Proyektor dan lingkungan belajar secara bersama-sama terhadap motivasi belajar Akuntansi di SMAN 1 Pangkalan Kuras. Pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini menggunakan metode Kuantitatif yang bersifat eksplanasi. Adapun sampel yang diambil sebanyak 113 siswa. Diketahui nilai sig untuk pengaruh penggunaan Media Pembelajaran LCD Proyektor terhadap Motivasi Belajar Siswa adalah sebesar 0,001 < 0,05 dan nilai t hitung 3,369 > t tabel 1,983, sehingga dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima yang berarti terdapat pengaruh positif signifikan secara parsial penggunaan Media Pembelajaran LCD Proyektor terhadap Motivasi Belajar Siswa. Diketahui nilai sig untuk pengaruh Lingkungan Belajar Siswa terhadap Motivasi Belajar Siswa adalah sebesar 0,014 < 0,05 dan nilai t hitung 2,497 > t tabel 1,983, sehingga dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima yang berarti terdapat pengaruh positif signifikan secara parsial Lingkungan Belajar Siswa terhadap Motivasi Belajar Siswa. Diketahui nilai signifikan untuk pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran LCD Proyektor dan Lingkungan Belajar Siswa secara simultan terhadap Motivasi Belajar Siswa adalah sebesar 0,000 < 0,05 dan nilai F hitung 8,626 > F tabel 3,09, sehingga dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima yang berarti terdapat pengaruh positif signifikan secara simultan Penggunaan Media Pembelajaran LCD Proyektor dan Lingkungan Belajar Siswa secara simultan terhadap Motivasi Belajar Siswa. Kemudian dari hasil uji Determinasi (R2) diperoleh nilai sebesar 0.136 artinya bahwa pengaruh penggunaan media pembelajaran lcd proyektor dan lingkungan belajar secara simultan terhadap motivasi belajar siswa sebesar 13,6% sedangkan sisanya 86,4% di pengaruhi oleh variabel lain yang tidak ada di dalam penelitian ini. Kata kunci : media pembelajaran, lingkuingan belajar, dan motivasi belajar