Pengaruh Motivasi Dan Kebiasaan Belajar Terhadap Hasil Belajar Akuntansi Kelas X Akuntansi SMK 2 Muhamadiyah Pekanbaru Tahun 2017/2018

Main Author: Dicky, Pharowi Erfandi
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.uir.ac.id/200/1/bab1.pdf
http://repository.uir.ac.id/200/2/bab2.pdf
http://repository.uir.ac.id/200/3/bab3.pdf
http://repository.uir.ac.id/200/4/bab4.pdf
http://repository.uir.ac.id/200/5/bab5.pdf
http://repository.uir.ac.id/200/6/daftar_pustaka.pdf
http://repository.uir.ac.id/200/
Daftar Isi:
  • Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh motivasi dan kebiasaan belajar terhadap hasil belajar akuntansi kelas X akuntansi dan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh motivasi dan kebiasaan belajar terhadap hasil belajar akuntansi kelas X akuntansi SMK 2 Muhamadiyah Pekanbaru Tahun 2017/2018. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X Akuntansi berjumlah 104 siswa, pengambilan sampel menggunakan random sampling.Variabel yang digunakan dalam penelitian ini adalah motivasi dan kebiasaan belajar sebagai variabel bebas serta hasil belajar akuntansi kelas X akuntansi sebagai variabel terikat.Teknik pengambilan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan teknik kuesioner (angket),dokumentasi. Hasil pengujian dengan menggunakan program SPSS diketahui nilai signifikan untuk variabel motivasi sebesar 0,016 sehingga dapat disimpulkan ada pengaruh antara motivasi terhadap hasil belajar akuntansi kelas X akuntansi SMK 2 Muhamadiyah Pekanbaru Tahun 2017/2018 Riau.Untuk variabel kebiasaan belajar diketahui nilai signifikan sebesar 0,048 sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh antara kebiasaan belajar terhadap hasil belajar akuntansi kelas X akuntansi SMK 2 Muhamadiyah Pekanbaru Tahun 2017/2018.Hasil pengujian secara simultan diketahui nilai signifikan sebesar 0,004 sehingga dapat dapat disimpulkan ada pengaruh motivasi dan kebiasaan belajar terhadap akuntansi kelas X akuntansi SMK 2 Muhamadiyah Pekanbaru Tahun 2017/2018. Hasil perhitungan koefisien determinasi diketahui bahwa besarnya pengaruh antara X1 dan X2 terhadap Y sebesar 0,104 atau 10,4%. Sedangkan sisanya sebesar 89,6% dipengaruhi faktor lain. Kata Kunci : Motivasi, Kebiasan Belajar, Hasil Belajar