Pengaruh Kemandirian Dalam Mengerjakan Tugas Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi SMA YLPI Pekanbaru
Main Author: | Sari, Wulan |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uir.ac.id/196/1/bab1.pdf http://repository.uir.ac.id/196/2/bab2.pdf http://repository.uir.ac.id/196/3/bab3.pdf http://repository.uir.ac.id/196/4/bab4.pdf http://repository.uir.ac.id/196/5/bab5.pdf http://repository.uir.ac.id/196/6/daftar_pustaka.pdf http://repository.uir.ac.id/196/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kemandirian dalam mengerjakan tugas terhadap hasil belajar siswa. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah Propotional Random Sampling. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 97 siswa jurusan IPS Kelas X dan IPA Kelas X di SMA YLPI Pekanbaru yang terdiri dari 22 siswa IPS kelas X 1, 21 siswa IPS kelas X 2, 27 siswa IPA kelas X 1 dan 27 siswa IPA kelas X2. Teknik pengumpulan data menggunakan penyebaran angket kemandirian dalam mengerjakan tugas dan dokumentasi berupa nilai ulangan harian semester ganjil 2018/2019. Kemudian dilakukan analisis terhadap data yang diperoleh dengan menggunakan analisis data secara kuantitatif meliputi : Uji Normalitas, Uji Regresi Linear Sederhana, Analisis deskriptif persentase, pengujian Hipotesis melalui Uji t, serta analisis koefisien Determinasi (R2). Hasil pengujian Hipotesis berdasarkan hasil analisis data menyatakan bahwa : tidak ada pengaruh pada kemandirian dalam mengerjakan tugas terhadap hasil belajar siswa. Hal ini terbuktidari nilai t hitung yaitu (-593) < t tabel (1,985). Itu berarti terbukti bahwa memang tidak ada pengaruh yang positif dan signifikan dari kemandirian dalam mengerjakan tugas terhadap hasil belajar. Kata kunci : kemandirian dalam mengerjakan tugas dan hasil belajar