Pengembangan Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) Berbasis Imtaq pada Materi Pokok Struktur dan Fungsi Organ pada Sistem Reproduksi untuk Siswa Kelas XI SMA/MA
Main Author: | Yogi Wilga Wiratama, YWR |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uir.ac.id/18/1/ABSTRAK.pdf http://repository.uir.ac.id/18/2/SKRIPSI%20BAB%20I.pdf http://repository.uir.ac.id/18/3/SKRIPSI%20BAB%20II.pdf http://repository.uir.ac.id/18/4/SKRIPSI%20BAB%20III.pdf http://repository.uir.ac.id/18/5/SKRIPSI%20BAB%20IV.pdf http://repository.uir.ac.id/18/6/SKRIPSIBAB%20V.pdf http://repository.uir.ac.id/18/7/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://repository.uir.ac.id/18/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran berupa Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) Biologi berbasis imtaq pada materi pokok struktur dan fungsi organ pada sistem reproduksi yang layak digunakan untuk kegiatan belajar siswa kelas XI SMA/ MA. Penelitian yang dilakukan menggunakan jenis pengembangan Research & Develovment dengan menggunakan model ADDIE. Penelitian dilakukan dari tahap analyze sampai tahap development. Data dalam pengembangan LKPD diperoleh dari hasil validasi ahli materi, ahli pembelajaran, ahli imtaq, dan guru, serta uji kelayakan terbatas kepada 30 siswa di tiga sekolah berbeda, dengan penentuan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Sekolah yang dijadikan sampel yaitu SMA/ MA yang menerapkan kurikulum 2013, tiga sekolah yang dipilih yaitu: SMA Al- Azhar Syifa Budi Pekanbaru, SMA Islam As-shofa Pekanbaru, dan MAN 2 Model Pekanbaru. Penelitian ini menghasilkan produk berupa LKPD Biologi berbasis Imtaq Pada Meteri Pokok Struktur dan Fungsi Organ Sistem Reproduksi yang dikemas dalam bentuk cetak. Berdasarkan hasil validasi oleh ahli materi menunjukkan bahwa LKPD yang dikembangkan sangat layak digunakan dalam proses pembelajaran dengan rata-rata persentase 94,79%. Hasil validasi oleh ahli pembelajaran menunjukkan bahwa LKPD yang dikembangkan sangat layak digunakan dalam proses pembelajaran dengan rata-rata persentase sebesar 100,00%. Hasil validasi oleh ahli imtaq menunjukkan bahwa LKPD yang dikembangkan sangat layak digunakan dalam proses pembelajaran dengan rata-rata persentase sebesar 93,75% Hasil validasi oleh tiga orang guru yang mengajar Biologi menunjukkan bahwa LKPD yang dikembangkan sangat layak digunakan dalam proses pembelajaran dengan rata-rata persentase 95,49%. LKPD yang dikembangkan ini mendapat tanggapan sangat baik dari peserta didik. Hal ini dapat dilihat dari rata-rata respon peserta didik dari tiga sekolah sebesar 97,09% (sangat layak). Dapat disimpulkan bahwa LKPD Biologi berbasis imtaq pada materi pokok struktur dan fungsi organ pada sistem reproduksi untuk kelas XI SMA/ MA yang dikembangkan sangat layak digunakan sebagai sebuah perangkat pembelajaran. Kata Kunci: Penelitian Pengembangan, LKPD, Imtaq, Sistem Reproduksi