Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad (Student Team Achievement Division) Pada Mata Pelajaran Seni Budaya (Tari Saman) di Kelas XI Mipa 4 Sma Negeri 5 Pekanbaru Provinsi Riau TA. 2017/2018

Main Author: Adella, Neilandia
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.uir.ac.id/133/1/bab1.pdf
http://repository.uir.ac.id/133/2/bab2.pdf
http://repository.uir.ac.id/133/3/bab3.pdf
http://repository.uir.ac.id/133/4/bab4.pdf
http://repository.uir.ac.id/133/5/bab5.pdf
http://repository.uir.ac.id/133/6/daftar_pustaka.pdf
http://repository.uir.ac.id/133/
Daftar Isi:
  • Judul Penelitian ini adalah Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Team Achievement Division) Pada Mata Pelajaran Seni Budaya (Tari Saman) Di Kelas XI MIPA 4 SMA NEGERI 5 Pekanbaru Provinsi Riau TA. 2017/2018. Rumusan masalah pada penelititian ini yaitu Bagaimanakah Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Team Achievement Division) Pada Mata Pelajaran Seni Budaya (Tari Saman) Di Kelas XI MIPA 4 SMA NEGERI 5 Pekanbaru Provinsi Riau TA. 2017/2018. Atma Murni (2009:19) Model STAD (Student Team Achievment Division) dikembangkan oleh Robert Slavin dan teman-temannya di universitas john Hopkin, dan merupakan pendekatan pembelajaran kooperatif yang paling sederhana. Dalam hal ini penulis menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan 2 siklus dan 7 kali pertemuan. Untuk menganalisis data penelitian penulis menggunakan teknik kuantitatif guna untuk menganalisis hasil belajar siswa kelas XI MIPA 4 SMA Negeri 5 Pekanbaru dalam mengidentifikasi seni tari Nusantara dan memperagakan gerak tari Nusantara. Aktivitas lembar guru dan siswa melalui lembar observasi. Hasil analisis data siklus I mendapat nilai rata-rata 75,94 dengan kategori Cukup. Dan pada sklus II mengalami peningkatan dengan nilai rata-rata siswa 84 dengan kategori Baik. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan jika menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran seni budaya (tari Saman) di kelas XI MIPA 4 SMA Negeri 5 Pekanbaru. Kata Kunci: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD