Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif pada Pembelajaran Matematika Siswa Kelas VIII SMP Muhammadiyah 01 Pekanbaru
Main Author: | Iftitin, Safnita |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uir.ac.id/109/1/bab1.pdf http://repository.uir.ac.id/109/2/bab2.pdf http://repository.uir.ac.id/109/3/bab3.pdf http://repository.uir.ac.id/109/4/bab4.pdf http://repository.uir.ac.id/109/5/bab5.pdf http://repository.uir.ac.id/109/6/daftar_pustaka.pdf http://repository.uir.ac.id/109/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk memperbaiki proses dan meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VIII1 SMP Muhammadiyah 01 Pekanbaru melalui penerapan model pembelajaran kooperatif. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya aktivitas dan hasil belajar matematika siswa sebelum dilaksanakannya tindakan. Bentuk penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus yang pelaksanaannya dimulai dari tanggal 15 April hingga 22 Mei 2014 dengan subjek berjumlah 42 siswa; 28 perempuan dan 14 laki-laki. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis terhadap lembar pengamatan dan data hasil belajar siswa. Pada lembar pengamatan akan dilakukan analisis terhadap kolom penilaian dan kolom catatan. Sedangkan analisis terhadap data hasil belajar siswa akan ditinjau berdasarkan rata-rata, ketuntasan belajar siswa dan distribusi frekuensinya. Berdasarkan analisis terhadap kolom penilaian dan kolom catatan pada lembar pengamatan terlihat peningkatan aktivitas guru dan siswa dalam bentuk persentase disertai dengan keterangan tambahan mengenai setiap pelaksanaannya. Sedangkan analisis terhadap data hasil belajar siswa menunjukkan peningkatan rata-rata, ketuntasan belajar siswa dan distribusi frekuensi untuk rentang nilai tertinggi. Pada skor dasar, rata-rata hasil belajar siswa hanya 23,80 dengan 10 orang siswa yang dinyatakan tuntas. Sedangkan pada UH I, rata-rata mengalami sedikit penurunan menjadi 19,04 dengan jumlah siswa yang tuntas sebanyak 8 orang. Penurunan tersebut disebabkan oleh rendahnya kualitas pembelajaran yang terjadi pada siklus I. Akan tetapi, rata-rata pada UH II mengalami peningkatan sebesar 92,85 dengan siswa tuntas sebanyak 39 orang. Berdasarkan distribusi frekuensi juga terlihat bahwa grafik UH II berada di bawah grafik UH I dan skor dasar untuk rentang nilai terendah, serta berada di atas kedua grafik tersebut untuk rentang nilai tertinggi. Hal ini menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran kooperatif dapat memperbaiki proses pembelajaran sehingga dengan perbaikan tersebut dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VIII1 SMP Muhammadiyah 01 Pekanbaru pada materi pokok Kubus dan Balok. Kata kunci: Penerapan Pembelajaran Kooperatif, Hasil Belajar Matematika, PTK.