Pengembangan Pendidikan Islam Nonformal Aimas Kabupaten Sorong
Main Author: | Rasyid, Muhammad Rusdi |
---|---|
Format: | Article info Journal |
Terbitan: |
Program Pascasarjana STAIN Sorong, Papua Barat
, 2018
|
Online Access: |
http://journal.stain-sorong.ac.id/index.php/transformasi/article/view/26 |
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian ini adalah; 1) untuk menemukan dan mendeskripsikan motivasi masyarakat dalam pengembangan pendidikan Islam nonformal, 2) mendeskripsikan dan menganalisis bentuk pengembangan pendidikan Islam nonformal di Aimas Kabupaten Sorong. Metode penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan yang digunakan adalah pendekatan fenomenologi dan pendekatan keilmuan berupa sosiologis dan historis. Adapun sumber data penelitian ini adalah tokoh masyarakat, para pembina, pembimbing, tenaga pendidik, peserta didik, dan masyarakat. Selanjutnya, metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dokumentasi, dan triangulasi. Tahap selanjutnya adalah teknik pengolahan data dan analisis data dilakukan dengan melalui reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat dua faktor penting yang menjadi motivasi pengembangan pendidikan Islam nonformal pada masyarakat transmigran Aimas Kabupaten Sorong, yaitu: 1) rendahnya pemahaman keagamaan, 2) ekonomi. Bentuk pengembangan pendidikan Islam nonformal ada tiga, yaitu melalui Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ), Madrasah Diniyah (Madin), dan Majelis Taklim (MT).