MODEL EVALUASI INTEGRASI KESUKSESAN DAN PENERIMAAN SISTEM INFORMASI E-LEARNING UNIVERSITAS

Main Authors: Utomo, Agus Prasetyo, Mariana, Novita, Rejeki, Rara Sri Artati
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Fakultas Teknik Universitas Persada Indonesia YAI , 2018
Online Access: http://journals.upi-yai.ac.id/index.php/ikraith-informatika/article/view/217
http://journals.upi-yai.ac.id/index.php/ikraith-informatika/article/view/217/116
Daftar Isi:
  • Pendidikan dianggap salah satu sektor yang telah secara radikal dipengaruhi oleh perkembangan teknologiinformasi. Di era internet, universitas dan lembaga pendidikan tinggi semakin cenderung untuk menyediakan elearning.E-learning diyakini hasil utama mengadopsi dan menggunakan teknologi informasi baru dan lebih majudi sektor pendidikan. Meskipun pertumbuhan yang cepat ini dalam bidang e-learning, masih ada berbagai masalahyang dihadapi para pemangku kepentingan dari e-learning sistem. Salah satu masalah utama adalah mengukurpenerimaan dan keberhasilan sistem e-learning. Meskipun perhatian telah diarahkan kepada isu keberhasilansistem informasi, masih ada argumen tentang faktor-faktor yang paling efektif dalam mengukur penerimaan dankeberhasilan sistem informasi e-learning. Isu mengukur penerimaan dan keberhasilan sistem informasi memilikidampak pada mengevaluasi keberhasilan e-learning sistem juga. Penelitian ini bertujuan untuk mengusulkan modelmetodologi evaluasi untuk menilai keberhasilan e-learning sistem. Kontribusi dari penelitian ini adalah model yangdiusulkan untuk menilai keberhasilan e-learning sistem. Model ini didasarkan pada tinjauan menyeluruh dariliteratur keberhasilan e-learning dan model keberhasilan sistem informasi. Enam teori yang relevan dengan usulanmodel evaluasi kesuksesan dan penerimaan sistem informasi e-learning di unversitas digunakan untuk membangunmodel yang ada dalam penelitian ini, yaitu model kesuksesan sistem informasi DeLone dan McLean, model UnifiedTheory of Acceptance and Usage of Technology (UTAUT), Model Technology Acceptance Model (TAM), modelkesesuaian Human Organization Technology Fit (HOT Fit), model evaluasi terintegrasi, dan Model MELSS.Berbagai pemangku kepentingan seperti instruktur, mahasiswa, dan staf ICT dipertimbangkan dalam model ini.