ANALISIS MARKET BASKET DENGAN ALGORITMA APRIORI (STUDY KASUS TOKO ALIEF)
Main Author: | ., Hernawati |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Fakultas Teknik Universitas Persada Indonesia YAI
, 2018
|
Online Access: |
http://journals.upi-yai.ac.id/index.php/ikraith-informatika/article/view/139 http://journals.upi-yai.ac.id/index.php/ikraith-informatika/article/view/139/65 |
Daftar Isi:
- Dalam persaingan dunia bisnis sekarang ini menurut para pelakunya untuk senantiasa mengembangkan bisnismereka dan juga agar selalu bertahan dalam persaingan. Untuk mencapai hal itu, ada beberapa hal yang bisadilakukan yaitu dengan meningkatkan kualitas produk dan penambahan jenis produk. Untuk memenuhi kebutuhantersebut terdapat beberapa hal yang bisa dijalankan salah satunya dengan melakukan analisis data transaksi.Algoritma apriori termasuk jenis aturan asosiasi pada data mining. Aturan yang menyatakan asosiasi atauassociation rule mining adalah teknik data mining untuk menemukan aturan suatu kombinasi item. Salah satutahap analisis asosiasi pola frequensi tinggi (frequent pattern mining). Penting tidaknya suatu asosiasi dapatdiketahui dengan dua tolak ukur, yaitu support dan confidence. Nilai penunjang (support) adalah persentasekombinasi item tersebut dalam database sedangkan nilai kepastian (confidence) adalah kuatnya hubungan antaritemdalam aturan asosiasi. Dari data 30 transaksi terdapat 1 pola asosiasi yang memenuhi syarat, salah satunyaadalah jika membeli telur maka akan membeli rokok dengan nilai confidence tertinggi = 62,5%, sehinggamembantu untuk menggambil keputusan perusahaan sebagai gambaran dalam rangka mendapatkan pola penjualanproduk untuk promosi.K