PERPADUAN COBIT 4.1 DAN BALANCED SCORECARD DALAM MENILAI TATA KELOLA PERGURUAN TINGGI

Main Authors: Pawan, Elvis, Utami, Ema, Nasiri, Asro
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: ind
Terbitan: STMIK PONTIANAK , 2019
Subjects:
Online Access: http://sisfotenika.stmikpontianak.ac.id/index.php/ST/article/view/447
http://sisfotenika.stmikpontianak.ac.id/index.php/ST/article/view/447/314
Daftar Isi:
  • AbstrakDalam perkembangan lembaga pendidikan sangat ditentukan oleh teknologi informasi(TI). Pada STIMIK Sepuluh Nopember Jayapura terdapat masalah lembaga cenderung belum menyadari pentingnya untuk orientasi terhadap layanan . Sehingga perlu dilakukan pengukuran untuk mengetahui tingkat kematangan dari lembaga dalam meningkatkan orientasi dan layanan. Tata kelola TI sebuah lembaga sangat dibutuhkan demi mengetahui sejauh mana pemanfaatan TI demi tercapaianya visi dan misi. Salah satu proses yang sangat penting dalam penerapan tata kelola TI dengan melakukan sebuah evaluasi yang bertujuan untuk mengetahui sejauh mana institusi dalam menerapkan tata kelola yang baik. Penelitian ini menjelaskan bagaimana sebuah lembaga pendidikan untuk meningkatkan orientasi dan layanan pada perguruan tinggi. Balanced Scorecard merupakan sebuah kerangka kerja yang baik untuk melakukan penilaian terhadap kinerja Organisasi. Dalam hal ini COBIT dan Balanced scorecard memberikan sebuah patokan pada costumer perspektif yang dapat dijadikan acuan manajemen pada sebuah institusi yang ingin melakukan pembenahan khususnya meningkatkan orientasi layanan. Penelitian ini memperoleh cara meningkatkan maturity level yang dapat dijadikan acuan oleh lembaga dalam menyusun tata kelola TI yang sesuai dengan best practice COBIT 4.1. Pada penelitian ini menyimpulkan bahwa tingkat kematangan tata kelola lembaga saat berada pada level 2 dengan nilai rata-rata 2,48.. Kata kunci— COBIT, Balanced Scorecard, Tata Kelola TI