Penerapan Pendidikan Holistik Berbasis Karakter di SD Karakter Cimanggis
Main Author: | Astivan, Dwi Anggraini; PGSD Unika Atma Jaya |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya
, 2020
|
Online Access: |
http://ojs.atmajaya.ac.id/index.php/fkip/article/view/1537 http://ojs.atmajaya.ac.id/index.php/fkip/article/view/1537/1081 |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan pendidikan holistik berbasis karakter di Sekolah Dasar Karakter. Objek penelitian adalah proses pendidikan di SD Karakter yang melibatkan komponen pendidikan dan kegiatan pendidikan. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Juli 2012 sampai Februari 2013 dengan menggunakan jenis penelitian kualitatif eksploratif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi dan dianalisis dengan teknik analisis deskriptif. Komponen pendidikan di Sekolah Dasar Karakter telah bersinergi dengan baik dalam menciptakan proses pendidikan. Kegiatan pendidikan dilaksanakan dengan menggunakan pendekatan yang sesuai dengan teori pendidikan holistik berbasis karakter. Kegiatan tersebut adalah (1) kegiatan intrakurikuler yang terdiri dari pembelajaran pilar karakter, pembelajaran tematik; (2) kegiatan kokurikuler yang terdiri dari sentra, field trip, life activity dan berbagai kegiatan tahunan sekolah; (3) kegiatan ekstrakurikuler terdiri dari 13 klub; serta (4) kegiatan coparenting yang terdiri dari pertemuan orangtua di awal tahun ajaran, pemantauan, konsultasi berkala dan komite sekolah. Saran kepada sekolah adalah memberikan kesempatan yang lebih besar bagi peserta didik yang ingin mengenyam pendidikan holistik berbasis karakter dengan menyediakan dan menambah kapasitas pendidik dan penerimaan peserta didik sehingga akan lebih banyak peserta didik yang memiliki keutuhan perkembangan aspek potensi dan berkarakter baik.