Faktor-Faktor Penyebab dan Rencana Penanganan Perilaku Menyontek Melalui Konseling Kelompok dengan Pendekatan Rational Emotif Behaviour Therapy (REBT) (Studi Kasus pada Sembilan Siswa SMK X)
Main Author: | Endriarto, Cornelius; Unika Atmajaya |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya
, 2020
|
Online Access: |
http://ojs.atmajaya.ac.id/index.php/fkip/article/view/1526 http://ojs.atmajaya.ac.id/index.php/fkip/article/view/1526/1085 |
Daftar Isi:
- Faktor-faktor penyebab perilaku menyontek adalah faktor-faktor yang mempengaruhi siswa dalam berbuat curang, tidak jujur, illegal, dan tidak sah untuk memperoleh keberhasilan akademik. Faktor-faktor tersebut dijabarkan menurut perspektif moral, perspektif kognitif, perspektif behavioral, perspektif klinis, dan perspektif social learning. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui faktor-faktor yang menyebabkan siswa menyontek serta menyusun rencana penanganan perilaku menyontek pada sembilan siswa melalui konseling kelompok dengan pendekatan Rational Emotif Behaviour Therapy. Jenis penelitian ini adalah penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan kuesioner, wawancara, dan observasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan sembilan orang siswa menyontek dengan cara memberi, mengambil, atau menerima informasi dengan memanfaatkan kelemahan orang lain, prosedur atau proses. Dua diantaranya menyontek dengan cara membawa catatan dan melihat catatan. Saran peneliti kepada kepala sekolah untuk menyediakan tenaga konselor sehingga kasus menyontek dapat ditangani dan diselesaikan, serta pembuatan kebijakan siswa yang menyontek. Saran bagi para guru agar mampu memperbaiki sistem pemilaian yang objektif, dan memperbaiki sistem pengawasan saat ujian. Saran bagi para rekan mahasiswa bimbingan dan konseling, diharapkan dapat melakukan penanganan kasus menyontek di sekolah dengan menerapkan konseling kelompok dengan pendekatan Rational Emotif Behavior Therapy.