PERANCANGAN BUKU POP-UP SEBAGAI SARANA PENGENALAN HURUF UNTUK ANAK USIA DINI DI BADUNG

Main Authors: I Wayan, Arya Mahardika, Cokorda, Alit Artawan, Eldiana Tri, Narulita
Format: Monograph NonPeerReviewed application/pdf
Bahasa: eng
Terbitan: ISI Denpasar , 2018
Subjects:
Online Access: http://repo.isi-dps.ac.id/3544/1/ARTIKEL%20TA%20-%20I%20Wayan%20Arya%20Mahardika%20-%20201306038%20-%20%28%20DKV%202018%20%29.pdf
http://repo.isi-dps.ac.id/3544/
Daftar Isi:
  • Mengenal huruf penting untuk anak usia dini karena apabila proses pembelajaran menghafal huruf t idak berjalan dengan baik bisa mengakibatkan anak buta huruf sehingga dapat menyebabkan anak sulit diarahkan membaca dan menulis, terlambat memahami sesuatu, ketinggalan dalam memperoleh informasi dan menggangu mereka dalam belajar pada jenjang berikutnya. Penelit i membuat buku pop -up alfabet sebagai alternatif media pembelajaran mengenal huruf yang ditujukan untuk manak usia 3-4 tahun. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan media buku pop-up dari konsep desain dan kesesuaian materi. Penelit ian ini menggunakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Data diperoleh dari wawancara dan dokumentasi. Hasil penelit ian menunjukkan bahwa secara keseluruhan konsep Colorful Wonderland yang dipilih sudah sesuai dengan anak-anak karena warna yang colorful, ilustrasi kartun yang lucu dan beragam serta jenis font yang dipakai memiliki legibility dan readability yang baik. Sedangkan isi tema sudah memenuhi untuk anak-anak yang berumur 3-4 tahun, tetapi harus ada perbaikan pada penulisan, pemilihan kata dan isi. Kata kunci : pop-up, huruf, anak