Desain Komunikasi Visual Untuk Kampanye Gerakan Sukla Satyagraha Pada Makanan di Bali
Main Authors: | Desak Kadek, Dwi Krismayanti, I Nengah, Sudika Negara, Cok Gde, Raka Swendra |
---|---|
Format: | Monograph NonPeerReviewed |
Terbitan: |
ISI Denpasar
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.isi-dps.ac.id/3322/ https://download.isi-dps.ac.id/index.php/category/46-tadesainkomunikasivisual?download=3241:desain-komunikasi-visual-untuk-kampanye-gerakan-sukla-satyagraha-pada-makanan-di-bali |
Daftar Isi:
- Suci dan bersih dalam diri mempunyai peranan penting untuk mengharmoniskan kehidupan. Gerakan Sukla Satyagraha sebagai gerakan moral untuk menjaga kesucian, kemurnian dan keseimbangan manusia, alam dan lingkungan. Kampanye ini menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Data yang dideskripsikan adalah data yang diperoleh dari hasil pengumpulan data dengan menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi dan kepustakaan. Penyebaran kuisioner online kepada 100 orang responden. Guna merancang media komunikasi visual yang tepat dan sesuai dengan kriteria desain untuk mengkampanyekan Gerakan Sukla Satyagraha pada Makanan di Bali, dilakukan analisa data, dengan konsep desain yang diperoleh yakni “Bali Modis”. Media Terpilih diantaranya Video Motion Graphic, T-shirt, Infografis, Maskot, Multimedia Interaktif, Pin Akrilik, Header Facebook, Tas Belanja Kain, Komik Strip dan Katalog Karya. Target audience yang dituju media Kampanye Gerakan Sukla Satyagraha pada Makanan di Bali yaitu masyarakat muda Hindu Bali dan seluruh masyarakat Hindu Bali, utamanya pedagang. Melalui media Desain Komunikasi Visual diharapkan Gerakan Sukla Satyagraha mampu memberikan pedoman dan informasi dalam pengolahan bahan makanan, penyajian, sanitasi, kebersihan dan menjaga kelestarian Bali. Kata Kunci : Gerakan, Sukla, Satyagraha, Makanan, Bali